Bersama TNI AL, Bu Susi Bakal Musnahkan Rumpon Ikan

Bersama TNI AL, Bu Susi Bakal Musnahkan Rumpon Ikan
Menteri KKP Susi Pudjiastuti saat melakukan kunjungan kerja ke NTT. Foto dok Humas KKP

jpnn.com - KUPANG - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bersama TNI AL dalam waktu dekat bakal menggelar operasi, untuk memusnahkan atau mencabut rumpon-rumpon ikan, yang tersebar di seluruh perairan Indonesia.

Menteri KKP Susi Pudjiastuti mengatakan, rumpon-rumpon ini telah banyak merugikan nelayan, karena mengubah ekologi perairan yang membuat ikan pelagis besar tidak bisa mendekat ke pinggir atau masuk area dibawah empat mil.

"Ini sangat menyulitkan nelayan untuk mendapatkan ikan-ikan yang berukuran besar dan bernilai ekonomis tinggi. Nelayan hanya bisa dapat jenis ikan kecil-kecil saja, seperti malalugis, yang gede-gede berkumpul di rumpon-rumpon, tidak mau kepinggir," tutur Susi dalam siaran persnya, Senin (13/6).

Susi menegaskan, rumpon yang terdapat di perairan Indonesia saat ini tidak satu pun memiliki izin. Sebab, pemerintah masih tidak mengizinkan untuk pemasangan rumpon di perairan mana pun.

Di samping itu, Susi meminta nelayan bisa memberikan informasi dan memastikan keakuratan titik-titik koordinat rumpon di wilayah perairan mereka.

"Tolong koordinatnya dikasih tahu, bapak bisa kirim SMS sama saya dan kami secepatnya akan bergerak bersama TNI AL. Jika rumpon tidak ada, ikan akan mendekat ke pesisir," kata Susi. (chi/jpnn)

 

KUPANG - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bersama TNI AL dalam waktu dekat bakal menggelar operasi, untuk memusnahkan atau mencabut rumpon-rumpon


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News