Bertemu Hengki Kurniawan, Bamsoet Dukung Rencana Pembangunan Sirkuit Balap di Bandung Barat

Bertemu Hengki Kurniawan, Bamsoet Dukung Rencana Pembangunan Sirkuit Balap di Bandung Barat
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo bersama Wakil Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan. Foto: Humas MPR RI.

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR RI yang juga Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendukung langkah Wakil Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan yang membuka investasi untuk pembangunan sirkuit balap di daerah setempat.

Menurutnya, memiliki panorama alam yang indah, Bandung Barat sangat cocok dikembangkan menjadi salah satu kawasan sport automotive tourism di kawasan Jawa Barat pada khususnya, maupun Indonesia pada umumnya.

"Olahraga jenis road race, motocross, hingga grasstrack sangat cocok dikembangkan di Bandung Barat,” katanya usai menerima Hengku Kurniawan di ruang kerja ketua MPR RI di Jakarta, Kamis (18/2).

Menurutnya, kehadiran sirkuit balap selain bisa menunjang pariwisata, juga dapat memfasilitasi anak-anak muda Bandung dan sekitarnya agar tak lagi menggelar balapan liar di jalan raya.

“Yang justru malah mengganggu ketertiban lalu lintas dan juga membahayakan keselamatan nyawa pengguna jalan," ujar dia.

Ketua ke-20 DPR RI ini menjelaskan selain membangun daerah melalui sirkuit balap, Bandung Barat juga memiliki potensi pertanian dan peternakan yang bisa dikembangkan lebih jauh.

Hal ini juga dapat menunjang sektor pariwisata yang saat ini sedang menurun akibat pandemi Covid-19.

Data 2019, kata Bamsoet, tiga sektor utama pariwisata di Bandung Barat yakni hotel menyumbang pendapatan daerah mencapai Rp 18 miliar, restoran Rp 26 miliar, dan hiburan Rp 4 miliar.

Bandung Barat sangat cocok dikembangkan menjadi salah satu kawasan sport automotive tourism di kawasan Jawa Barat pada khususnya, maupun Indonesia pada umumnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News