Bertemu ITS, PDIP Jatim Bekali Caleg dengan Visi Kemaritiman

Bertemu ITS, PDIP Jatim Bekali Caleg dengan Visi Kemaritiman
Ketua PDIP Jatim Kusnadi dan Sekretaris PDIP Jatim Sri Untari. Foto: for JPNN.com

jpnn.com, SURABAYA - DPD PDI Perjuangan Jawa Timur menggelar pertemuan dengan jajaran akademisi Pusat Studi Kelautan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya, untuk menjaring masukan tentang potensi, problem, dan solusi dalam membangun sektor maritim di Jatim.

”Alhamdulillah, kami kemarin sudah bertemu dan berdiskusi panjang dengan teman-teman ITS. Kami mendapat insight yang menjadi bekal bagi para kader dan calon anggota legislatif untuk memacu kebangkitan sektor maritim, khususnya di Jatim,” ujar Ketua DPD PDI Perjuangan Jatim Kusnadi, Jumat (3/8).

”Kader-kader PDI Perjuangan termasuk para caleg harus punya visi kemaritiman, sehingga bisa bersama-sama mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia sesuai program Presiden Jokowi,” imbuh Kusnadi.

Wakil Ketua DPRD Jatim itu mengatakan, riset sektor kemaritiman, termasuk perikanan, telah banyak dilakukan para akademisi. ”Tugas partai sebagai bagian dari infrastruktur kebijakan publik adalah mendorong riset-riset itu diaplikasikan dengan dukungan negara,” ujarnya.

Kusnadi menambahkan, apa yang dilakukan ITS sejalan dengan arah pembangunan Presiden Jokowi yang tidak akan memunggungi laut. Dan selaras dengan cita-cita politik PDI Perjuangan dalam membangun Indonesia sebagai negara maritim sekaligus memacu ekonomi nelayan.

Dalam pertemuan dengan akademisi ITS tersebut yang antara lain dihadiri Kepala Laboratorium Perencanaan dan Konstruksi Bangunan Laut Dr Yeyes Mulyadi itu, dibahas beragam hal tentang pengembangan perikanan, terutama menghadapi tantangan semakin terbatasnya sumberdaya ikan di laut. Pengembangan perikanan berbasis budidaya (marine aquaculture) menjadi salah satu alternatif yang layak digenjot.

ITS saat ini mengembangkan prototype skema budidaya di pantai dengan program ”Ocean FarmITS” di perairan Sendangbiru, Malang. Skema ini bahkan bisa dipadukan dengan wisata melalui pengembangan restoran atau penginapan di atas kawasan budidaya.

Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu PDI Perjuangan Jatim Sonny T Danaparamita menambahkan, PDI Perjuangan menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas dedikasi para akademisi yang terus melakukan riset demi perbaikan beragam sektor kehidupan rakyat.

PDIP Jatim menjaring masukan tentang potensi, problem, dan solusi dalam membangun sektor maritim di wilayahnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News