Bertemu Pelaku UMKM Gorontalo, Fadel Muhammad Berbagi Pengalaman Merintis Usaha

Bertemu Pelaku UMKM Gorontalo, Fadel Muhammad Berbagi Pengalaman Merintis Usaha
Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad berbagi pengalaman merintis usaha saat bertemu dengan pelaku UMKM di Gorontalo. Foto: Humas MPR RI.

jpnn.com, GORONTALO - Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad mengatakan pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia masih belum berakhir dan dampaknya dirasakan merata di berbagai elemen masyarakat, termasuk pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Fadel mengatakan meskipun berada di situasi yang sulit pelaku UMKM sebisa mungkin bertahan dan tetap semangat menjalani kehidupan sehari-hari.

"Pelaku UMKM adalah entrepreneur yang biasanya memiliki karakter yang kuat dan pantang menyerah. Gali potensi kalian sampai maksimal. Jadikan pandemi ini sebagai salah satu tantangan yang harus ditaklukkan," katanya.

Fadel Muhammad menyampaikan itu di hadapan ratusan masyarakat Gorontalo pelaku UMKM dalam Seminar Nasional Kerja Sama Pentahelix “Membangun Visi Antar-Stakeholder untuk Produktivitas Pelaku UMKM” yang digelar MPR RI bekerja sama dengan Kadin Provinsi Gorontalo di Ballroom Hotel Maqna, Kota Gorontalo, Rabu (3/4).

Hadir anggota MPR Abdurrahman Abubakar Bahmid, Ketua Umum Kadin Provinsi Gorontalo Muhalim Litty, Ketua ICMI Gorontalo Syamsu Qamar Badu, perwakilan Bank Indonesia Gorontalo Akmaluddin Suangkupon.

Fadel tidak hanya memberikan semangat. Dia juga membagikan pengalamannya saat awal-awal merintis usaha.

Fadel mengatakan saat memulai usaha kecil, pelaku harus memahami tiga fase yang harus dialami dan dijalani yakni.

Pertama, harus memiliki kemampuan di bidang usaha yang dijalani. Kedua, ada kesempatan. Ketiga, harus bisa membangun strategi.

Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad berbagi pengalaman merintis usaha dengan para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Gorontalo.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News