Bertemu Pelaku UMKM Yogyakarta, Sandiaga Berbagi Rahasia Sukses Berbisnis

Bertemu Pelaku UMKM Yogyakarta, Sandiaga Berbagi Rahasia Sukses Berbisnis
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno membagikan tips bisnis untuk para pelaku UMKM Yogyakarta. Foto: dok program Kelana Nusantara

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno membagikan tips sukses berbisnis kepada para pelaku UMKM Yogyakarta saat program Kelana Nusantara pada akhir pekan lalu.

Dia mengatakan para pelaku UMKM harus jeli melihat peluang dan potensi untuk terus beradaptasi di setiap kesempatan.

Menurutnya, pengalaman membangun usaha harus dijadikan pengetahuan baru dalam menjalankan roda usaha.
 
“Kita harus melihat kesempatan dalam kesempitan, jeli melihat potensi dalam beradaptasi, tak lupa jadikan ilmu dan pengalaman sebagai guru yang bijak, kalau sudah demikian, pasti industri kreatif akan bangkit kembali," terang Sandiaga Uno dalam keterangannya di Jakarta, Senin (4/7).

Bertempat di Netes Kafe, Yogyakarta kehadiran Sandiaga Uno disambut meriah oleh para UMKM yang menunggu sejak pagi hari. Ratusan UMKM tersebut menggunakan kesempatan dialog tersebut dengan berbincang langsung bersama Sandiaga.

Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan pameran UMKM, baik di sektor kuliner, kerajinan dan kesenian.

Pada kesempatan itu Sandiaga Uno juga menekankan peran aktif pemerintah dalam usaha menciptakan produk yang berkualitas.

Menurutnya, pemerintah melalui Kemenparekraf berupaya memberikan beragam bentuk pelatihan bagi para UMKM. Aneka ragam program pemerintah yang dihadirkan itu diharapkan tepat sasaran.
 
“Program pemerintah itu ibarat makan, harus tepat waktu, tepat sasaran serta tepat manfaat. Program pemerintah harus berjalan secara baik dan benar," ujar Sandiaga.

Sandi menekankan aspek kolaborasi semua pihak, inovasi dan proses adaptasi dalam upaya membangun kebangkitan ekonomi nasional dan menghadirkan semangat berkarya.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno membagikan tips untuk para pelaku UMKM Yogyakarta

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News