BI Kembali Tahan BI Rate di Angka 6,5 Persen

Diprediksi Bertahan Hingga Akhir Tahun

BI Kembali Tahan BI Rate di Angka 6,5 Persen
BI Kembali Tahan BI Rate di Angka 6,5 Persen
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) sepertinya sangat nyaman dengan level BI Rate saat ini. Buktinya, meski inflasi naik turun, BI Rate tetap dipertahankan di level 6,5 persen.

Gubernur BI Darmin Nasution mengatakan, Rapat Dewan Gubernur (RDG) BI kemarin kembali memutuskan untuk mempertahankan BI Rate pada 6,50 persen. Level ini dipertahankan sejak Agustus 2009 lalu. "Level BI Rate saat ini masih konsisten dengan pencapaian sasaran inflasi dan tetap kondusif untuk menjaga stabilitas keuangan dan mendorong intermediasi perbankan," ujarnya di Kantor BI, Selasa (5/10).

Menurut Darmin, keputusan tersebut didasarkan atas hasil evaluasi menyeluruh terhadap kinerja dan prospek perekonomian yang secara umum menunjukkan peningkatan. Meski demikian, BI juga mencermati adanya tekanan inflasi ditengah masih derasnya arus modal asing yang masuk dan kondisi ekses likuiditas yang masih cukup besar. "Karena itu, kami memandang pengelolaan likuiditas perekonomian merupakan hal yang lebih penting," katanya.

Darmin menyebut proses pemulihan ekonomi global masih berlangsung meskipun diwarnai kekhawatiran perlambatan pada beberapa negara utama. Perlambatan ekonomi global tersebut, lanjut dia, sempat menekan pasar keuangan. "Namun saat ini kondisi pasar keuangan global sudah relatif stabil dengan kecenderungan membaik," terangnya.

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) sepertinya sangat nyaman dengan level BI Rate saat ini. Buktinya, meski inflasi naik turun, BI Rate tetap dipertahankan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News