Tekan Harga Rumah, Developer Diminta Efisien

Tekan Harga Rumah, Developer Diminta Efisien
Tekan Harga Rumah, Developer Diminta Efisien
JAKARTA - Pemerintah mulai tahun ini akan menerapkan sistem baru dalam pembangunan perumahan. Jika sebelumnya pengembang (developer) membangun rumah tidak disesuaikan dengan kondisi material bangunan, maka kini pola itu diubah. Tujuannya agar harga rumah tidak terdongkrak naik dan ada efisiensi anggaran.

"Sistem pembangunan rumah akan diubah mulai tahun ini. Di mana saat membangun, developer harus memperhitungkan kondisi material agar tidak banyak yang terbuang," kata Menpera Suharso Monoarfa di sela-sela peringatan hari habitat dunia di Kantor Kemenpera, Senin (4/10).

Dia mencontohkan penggunaan ubin yang karena ukurannya tidak pas, akhirnya dipotong. Demikian juga kusen jendela yang harga jualnya semakin tinggi.

"Konsep saya, agar ubinnya tidak banyak yang dipotong dan akhirnya terbuang, maka developer harus memperhitungkan dengan tepat. Demikian juga jika harga kusen jendela mahal maka developer harus menyesuaikan diri, misalnya dengan membuat desain yang tidak menggunakan kusen," tuturnya.

JAKARTA - Pemerintah mulai tahun ini akan menerapkan sistem baru dalam pembangunan perumahan. Jika sebelumnya pengembang (developer) membangun rumah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News