Butuh Rp30 T Per Tahun untuk Alutsista

Butuh Rp30 T Per Tahun untuk Alutsista
Butuh Rp30 T Per Tahun untuk Alutsista
JAKARTA -- Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro mengatakan, setiap tahunnya kebutuhan pengadaan alutsista (alat utama sistem persenjataan) yang harus disediakan pemerintah untuk TNI mencapai Rp30 triliun. Kebutuhan yang besar ini meliputi pengadaan alutsista terbaru dan pemeliharaan alutsista yang lama. Namun tidak semua kebutuhan tersebut bisa terpenuhi karena minimnya anggaran.

‘’Total kebutuhan untuk lima  tahun itu Rp150 triliun. Tetapi yang tersedia Rp100 triliun. Itu bukan hanya untuk pengadaan tapi juga untuk pemeliharaan. Kalau 5 tahun dibagi Rp150 triliun, berarti kebutuhan tiap tahun itu diperlukan Rp30 triliun untuk pengadaan dan perawatan alutsista,’’ ungkap Purnomo pada wartawan, Senin (4/10) di kantor Kementrian keuangan, Jakarta.

Hanya saja, karena keterbatasan anggaran pemerintah, tidak seluruh kebutuhan alutsista bisa dipenuhi. Paling tidak selama 5 tahun terdapat kekurangan anggaran sebesar Rp50 triliun dari kebutuhan yang ditargetkan.

‘’Gap Rp50 triliun itulah yang harus kita cari. Kebutuhannya banyak, dari TNI AD, Laut dan Udara. Sedangkan yang Rp100 triliun itu juga butuh sumber pendanaan. Sudah dianggarkan di Bappenas dan kekurangannya harus dicari,’’ kata Purnomo.

JAKARTA -- Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro mengatakan, setiap tahunnya kebutuhan pengadaan alutsista (alat utama sistem persenjataan) yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News