BI Setujui Apex untuk BPR

BI Setujui Apex untuk BPR
BI Setujui Apex untuk BPR
JAKARTA -Lembaga Apex bagi BPR di wilayah Jabodetabek dan Riau resmi terbentuk. Deputi Gubernur Bank Indonesia, S Budi Rochadi menyaksikan penandatanganan pembentukan lembaga Apex yang dilakukan DPD Perbarindo DKI Jaya dan sekitarnya dengan PT Bank Andara dan DPD Perbarindo Riau dengan PT BPD (Bank) Riau.

BPR yang turut serta menjadi anggota Apex bank ini terdiri dari 251 BPR di wilayah Jabodetabek dan sekitarnya serta 25 BPR di Riau. ”Bank Indonesia mengapresiasi prakarsa Perbarindo menggandeng bank umum untuk membentuk lembaga Apex bagi BPR,” kata Budi Rochadi, di Jakarta.

Hal ini, ujarnya, menunjukkan bahwa lembaga Apex merupakan salah satu infrastruktur yang mendukung penguatan kelembagaan BPR. Khususnya dalam membantu mengatasi permasalahan keuangan dan keterbatasan teknis yang dialami oleh BPR.

Pembentukan lembaga Apex bertujuan untuk menjembatani kebutuhan industri BPR. Sehingga tercipta industri BPR yang kokoh, berdaya saing tinggi dan memiliki kredibilitas yang baik di mata masyarakat dan UMKM yang menjadi segmen utamanya. Untuk mencapai tujuan tersebut, setidaknya lembaga Apex harus mampu menjalankan fungsi utama, yaitu sebagai lembaga yang dapat memberikan liquidity support.

JAKARTA -Lembaga Apex bagi BPR di wilayah Jabodetabek dan Riau resmi terbentuk. Deputi Gubernur Bank Indonesia, S Budi Rochadi menyaksikan penandatanganan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News