Biaya Penomeran Kartu Seluler Dinilai Sekadar Cari Uang

Biaya Penomeran Kartu Seluler Dinilai Sekadar Cari Uang
Biaya Penomeran Kartu Seluler Dinilai Sekadar Cari Uang

jpnn.com - JAKARTA - Rencana kebijakan penetapan Biaya Hak Penggunaan (BHP) penomeran kartu telepon seluler dalam RUU Konvergensi dianggap hanya sekedar mencari uang. Penyebabnya, tidak diimbangi komitmen pemerintah membangun fasilitas infrastruktur yang memadai.

"Kebijakan ini sekadar mencari uang, hanya membebankan pelaku industri, dan nanti ujungnya berdampak langsung ke masyarakat," ujar pengamat telekomunikasi yang juga mantan Direktur International Telecommunication Union (ITU),  Arnold Djiwatampu, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (29/10).

Dia berpendapat, pemerintah sebenarnya punya cukup dana untuk  mengembangan sarana dan prasarana infrastruktur tanpa harus memungut objek atau bentuk penerimaan bukan pajak (PNBP) yang baru dari BHP penomeran.

"Misalnya, mengembangkan jaringan telekomunikasi tingkat internasional sendiri, nah itu saja belum dipenuhi," ujarnya.

Ia juga membantah nomor telepon seluler adalah sumber daya terbatas yang harus diatur. Sistem penomeran bisa diciptakan manusia dengan melakukan sistem koding tersendiri.

"Kebijakan pungutan atas nomor ini justru akan membuat investasi sektor telekomunikasi mandek. Operator akan berpikir ulang untuk mengembangkan usaha di Indonesia karena banyaknya pungutan yang tidak seimbang dengan hak bisnis yang diperoleh," tuturnya.

Sekadar informasi, DPR tengah membahas RUU Konvergensi sebagai pengganti UU No 36 tahun 1999 tentang Telekomunikasi. Salah satu pasal adalah adanya kewajiban dari seluruh operator seluler untuk menerapkan BHP penomeran.

Senada dengan Arnold, asosiasi yang tergabung dengan nama Masyarakat Telematika Indonesia (Mastel) juga menentang kebijakan ini. Pasalnya, masih belum jelas kewajiban pemerintah setelah operator membayar biaya ini ke negara.

JAKARTA - Rencana kebijakan penetapan Biaya Hak Penggunaan (BHP) penomeran kartu telepon seluler dalam RUU Konvergensi dianggap hanya sekedar mencari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News