Area Internasional T2 Bandara Juanda Rampung Maret 2014

Area Internasional T2 Bandara Juanda Rampung Maret 2014
Area Internasional T2 Bandara Juanda Rampung Maret 2014

jpnn.com - SURABAYA - Para penumpang pesawat di Bandara Juanda Surabaya, Jawa Timur, tak lama lagi akan bisa menikmati kenyamanan Terminal 2 (T2) yang pembangunannya sudah dalam tahap akhir. Angkasa Pura I dan Waskita Karya, sebagai kontraktor mengaku pembangunan terminal bergaya modern bisnis itu akan rampung 100 persen pada Maret tahun depan.

Kepala Proyek Pembangunan T2 Waskita Karya, Pandam Trilaksono saat ditemui di area T2 mengatakan kontrak pembangunan terminal anyar ini sudah berlangsung sejak November 2011. Namun karena ada beberapa kendala, maka pembangunan fisik baru dilaksanakan pada Agustus 2012.

"Jadi, pembangunan T2 sudah berlangsung setahun lebih," kata Pandam. Saat ditanya apakah pihak Waskita Karya siap dengan target pengoperasian T2 tahap pertama pada 10 November mendatang, Pandam mengaku siap. Tapi, kata dia, itu tergantung hasil penilaian tim verifikasi dari internal AP 1 dan Kementerian Perhubungan.

"Secara building kami merasa siap. Nah, menurut saya dalam waktu yang pendek ini yang harus dipersiapkan adalah koordinasi dari semua lini. Baik manajemen bandara, pihak yang mengoperasikan, tenant, dan lainnya," kata dia.

Berdasarkan data dari Angakasa Pura I, T2 ini memiliki total luas 49.738 meter persegi. Dimana untuk area domestik luasnya 26.272 meter persegi dan area internasional 23.466 meter persegi. Sedangkan Apron luasnya mencapai 97.863 meter persegi.

Selain itu, terminal baru yang jaraknya 3 km dari Terminal 1 itu nantinya akan memiliki garbarata 12 unit.

"Untuk tahap pertama ini, T2 hanya bisa digunakan untuk penerbangan domestik. Sedangkan untuk internasional targetnya bisa digunakan pada Februari-Maret tahun depan. Jadi Maret 2014, pembangunan T2 harus 100 persen selesai," kata Pandam.

T2 adalah pengembangan dari Bandara Juanda Surabaya yang sebelumnya hanya memiliki satu terminal.

SURABAYA - Para penumpang pesawat di Bandara Juanda Surabaya, Jawa Timur, tak lama lagi akan bisa menikmati kenyamanan Terminal 2 (T2) yang pembangunannya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News