Bicara di Lemhannas, Megawati Minta Prajurit TNI-Polri di Bawah Diperhatikan

Bicara di Lemhannas, Megawati Minta Prajurit TNI-Polri di Bawah Diperhatikan
Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri di Gedung Lemhanas RI, Jakarta Pusat, Sabtu (20/5). Dokumen DPP PDIP

jpnn.com, JAKARTA - Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri menyinggung soal hubungan yang seharusnya terjadi antara petinggi TNI-Polri dengan prajurit di bawah.

Hal itu disampaikan Megawati saat menjadi pembicara pada peluncuran buku dalam rangka Hari Jadi ke-58 Lembaga Kehatanan Nasional (Lemhannas RI).

Megawati pada intinya meminta para jenderal atau perwira tinggi lebih sering memerhatikan pasukan di bawah mereka.

"Ingat, eling, kalian itu bisa begini, itu karena ada yang ngomong. Ada anak buah. Nah, tolong benar-benar anak buah diurus," kata dia ditemui di Gedung Lemhanas RI, Jakarta Pusat, Sabtu (20/5). 

Menurut Megawati, memerhatikan nasib prajurit di level bawah memang sederhana, tetapi dari situ TNI-Polri bisa menyiapkan segala rencana besar ke depan. 

"Dengan demikian, kita bisa mempersiapkan diri kita. Diri sebagai bukan sebagai orang per orang, tetapi sebagai bangsa. Mempersiapkan secara nasional dan juga secara internasional," ujar Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) itu.

Megawati dalam kesempatan yang sama juga meminta generasi muda untuk tidak bertahan di zona nyaman. 

Dia kemudian mengingatkan perjuangan para pendiri bangsa, seperti Soekarno atau Bung Karno, Muhammad Hatta atau Bung Hatta, Sutan Sjahrir, Bung Tomo, dan pahlawan nasional daerah lainnya melawan penjajah. 

Di Lemhannas RI, Megawati meminta para jenderal atau perwira tinggi lebih sering memerhatikan pasukan di bawah mereka.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News