Bijak, Begini Respons Menpora Setelah Indonesia Batal Tampil di Piala AFF U-23 2022

Bijak, Begini Respons Menpora Setelah Indonesia Batal Tampil di Piala AFF U-23 2022
Menpora Zainudin Amali mampir menengok pemusatan latihan Timnas Indonesia di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Jumat (7/5) malam. Foto: Kemenpora.

jpnn.com, JAKARTA - Menpora Zainudin Amali memaklumi langkah mundur Indonesia dari keikutsertaan di Piala AFF U-23 2022.

Dia menilai, permintaan Pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae Yong (STY) sudah tepat untuk batal tampil pada turnamen dua tahunan itu.

Dengan begitu, gelar juara Piala AFF U-23 yang didapat pada edisi 2019 saat Timnas U-23 masih dibesut Indra Sjafri dipastikan gagal diulang oleh STY.

"Bisa dipahami, kondisi Timnas sedang tidak lengkap karena beberapa pemain terpapar Covid-19 dan cedera. Itu adalah pertimbangan utama pelatih STY," kata Menpora Amali, Jumat (11/2) pagi.

Saat disinggung soal bisa saja mengirimkan Timnas U-18 yang sudah menjalani TC di luar negeri pada 2021 lalu, Menpora menilai tidak bagus memaksakan diri.

"Kita tidak boleh memaksakan diri di tengah situasi seperti ini. Itu adalah kejadian di luar kehendak pelatih, federasi, apalagi pemerintah," terang menteri asal Partai Golkar tersebut.

Kini, Menpora berharap PSSI bisa gerak cepat dan berkonsentrasi untuk melakukan penanganan maksimal kepada pemain yang terpapar Covid-19 yang saat ini masih melakukan karantina mandiri.

"Saya berharap PSSI bisa fokus untuk penyembuhan para pemain yang terpapar (Covid-19, red)," ungkap orang nomor satu di dunia olahraga Indonesia tersebut.

Timnas Indonesia mundur dari Piala AFF U-23 2022 karena badai covid-19 yang menerpa banyak pemain. Menpora Amali ikut bersuara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News