Bikin Bung Karno Edisi Terbatas

Bikin Bung Karno Edisi Terbatas
Daniel Mananta. Foto: Fedrik Tarigan/Jawa Pos
JAKARTA - Beri aku sepuluh pemuda, maka akan kuguncangkan dunia. Kalimat tersebut diucapkan oleh mantan Presiden Ir Soekarno. Kalimat tersebut lantas menginsiprasi Daniel Mananta, presenter dan bintang film. Daniel yang sekarang ini juga merintis jadi pengusaha ingin menjadi salah seorang di antara sepuluh pemuda yang diucapkan oleh Bung Karno tersebut.

Melalui idenya, Daniel lantas membuat urban bust (patung modern) Bung Karno. Kemarin (26/10) Daniel merilis patung seharga Rp 3,9 juta itu di Ismaya Cafe, Grand Indonesia. Patung yang hanya dibuat 1.000 buah tersebut sudah dipasarkan di Amerika Serikat (AS), Jepang, Inggris, dan Taiwan.

"Bung Karno itu sudah berhasil memperkenalkan Indonesia ke dunia internasional. Sekarang zaman kita, anak muda. Kita yang harusnya mengharumkan nama Indonesia," kata mantan VJ MTV itu. Pemilik clothing line Damn! I Love Indonesia tersebut menceritakan bahwa ide membuat urban bust, yang menurut Daniel sekarang ini sedang menjadi tren di AS, sudah ada setahun yang lalu. Saat itu dia melihat seorang seniman dari AS membuat urban bust. Tetapi, yang dibuat adalah tokoh-tokoh seperti Mao Che Tung dan Che Guevara.

Patung itu sangat laris dibeli untuk dikoleksi. Bahkan, di Indonesia pun ada yang memburunya. "Banyak lho orang Indonesia yang koleksi patung-patung itu. Saya lalu berpikir, kenapa nggak buat aja, tapi tokoh Indonesia. Lalu, dijual deh di luar negeri. Biar orang luar negeri yang punya koleksi tokoh Indonesia, ya kan," ucapnya. Bung Karno akhirnya dipilih. Namun, proses untuk membuat seorang presiden pertama menjadi sebuah patung tidaklah gampang.

JAKARTA - Beri aku sepuluh pemuda, maka akan kuguncangkan dunia. Kalimat tersebut diucapkan oleh mantan Presiden Ir Soekarno. Kalimat tersebut lantas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News