BIN Siap Bantu Malaysia Ungkap Misteri MH370

BIN Siap Bantu Malaysia Ungkap Misteri MH370
BIN Siap Bantu Malaysia Ungkap Misteri MH370

jpnn.com - JAKARTA - Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Marciano Norman menyatakan bahwa pihaknya siap membantu Malaysia dalam menelusuri kejanggalan terkait hilangnya pesawat Malaysia Airlines bernomor penerbangan MH370 yang hilang kontak pada Sabtu (8/3) lalu. Meski demikian, hingga saat ini belum ada pembicaraan dengan pihak Malaysia soal tawaran BIN itu.

"Apabila butuh bantuan kita akan melakukan. Tetapi sampai sekarang mereka belum minta itu," tutur Marciano di kompleks Istana Negara, Jakarta, Selasa, (10/3).

Menurut Marciano belum ada bukti yang pasti terkait dugaan pesawat itu dibajak teroris atau celaka karena kesalahan teknis. Menurutnya, hal itu harus diteliti lebih jauh dan tidak bisa hanya dengan spekulasi.

"Semua kemungkinan bisa diurai, kalau kemungkinan human error-nya ada yang menangani sendiri. Kalau teroris harus berkomunikasi dengan seluruh badan intelijen dari beberapa negara,” katanya.

Meski demikian Marciano tak menampik kemungkinan adanya aksi teroris jika merujuk pada fakta adanya dua penumpang MH370 rute Kuala Lumpur-Beijing yang menggunakan paspor curian. “Sangat dimungkinkan setelah kita tahu persis tahu dua paspor itu. Ke mana arahnya? Kita telusuri, tetapi sejauh ini belum ada kaitannya dengan Indonesia," tandas Marciano.(flo/jpnn)


JAKARTA - Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Marciano Norman menyatakan bahwa pihaknya siap membantu Malaysia dalam menelusuri kejanggalan terkait


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News