Binwas di Merauke, Kepala BSKDN: Hasil Inovasi Terbesar adalah Kepercayaan Masyarakat

Binwas di Merauke, Kepala BSKDN: Hasil Inovasi Terbesar adalah Kepercayaan Masyarakat
Kepala BSKDN Kemendagri Yusharto Huntoyuno di acara Focus Group Discussion (FGD) Pembinaan Inovasi Daerah Pada Kabupaten Merauke Provinsi Papua Selatan, Kamis (15/6). Foto: Humas BSKDN

jpnn.com - MERAUKE - Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri Kementerian Dalam Negeri (BSKDN Kemendagri) melakukan pembinaan dan pengawasan (Binwas) terhadap Kabupaten Merauke Provinsi Papua Selatan.

Kegiatan Binwas tersebut dilakukan untuk meningkatkan inovasi daerah di wilayah Merauke.

Kepala BSKDN Yusharto Huntoyungo menekankan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merauke bahwa hasil terbesar inovasi adalah kepercayaan masyarakat.

Pasalnya, inovasi akan mempermudah masyarakat dalam mengakses berbagai layanan dasar seperti pendidikan, kesehatan, hingga pemberdayaan ekonomi.

"Inovasi itu punya ciri khas bisa menghasilkan sesuatu, kalau pemerintah daerahnya dapat mengelola dengan baik. Kompensasi terbesarnya itu adalah kepercayaan masyarakat. Di mana layanan dasar masyarakat semakin baik, maka kepercayaan masyarakat juga akan meningkat," ujar Yusharto dalam sambutannya di acara Focus Group Discussion (FGD) Pembinaan Inovasi Daerah Pada Kabupaten Merauke Provinsi Papua Selatan di Merauke pada Kamis (15/6).

Yusharto Huntoyungo mengatakan, meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah akan berdampak pada kondisi sosial yang semakin kondusif.

Tidak hanya itu, kepercayaan masyarakat yang meningkat juga dapat memengaruhi penyelenggaraan pembangunan di daerah menjadi lebih baik. Dengan begitu, kata dia, kesejahteraan masyarakat dapat lebih mudah untuk diwujudkan.

"Inovasi itu perlu dikembangkan dengan terus bersinergi, kalau sudah ada satu dinas yang sudah lahirkan inovasi, kita harus tanya outputnya apa saja yang dihasilkan dinas yang bersangkutan? Output ini akan menjadi input untuk dinas yang lain dan ini akan terus meningkatkan inovasi di daerah yang bersangkutan," terang Yusharto.

Saat membuka Binwas di Merauke, Kepala BSKDN Yusharto Huntoyungo mengatakan, hasil inovasi terbesar adalah kepercayaan masyarakat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News