Bisa Jadi ini Salah Satu Penyebab Anda Belum Hamil

Bisa Jadi ini Salah Satu Penyebab Anda Belum Hamil
Ilustrasi

SURABAYA – Ini peringatan bagi Anda yang malas mengganti celana dalam. Sebab ternyata dampaknya bisa bermacam-macam. Khusus untuk perempuan, keengganan itu bisa mengakibatkan sulit hamil. 

Hal tersebut dikatakan dokter spesialis kebidanan dan kandungan National Hospital dr Hendera Hendri SpOG. Menurutnya,  sperma tidak akan bertahan lama pada kondisi vagina dan rahim yang terkena infeksi. Sperma akan cepat mati atau lambat dalam bergerak menuju indung telur. Nah, infeksi itu bisa dipicu CD yang kotor dan lembap. 

Hendera pernah menangani lima pasien infeksi saluran reproduksi yang diduga karena malas mengganti celana dalam. CD yang lembap dan kotor berpeluang menumbuhkan mikroba jahat. "Ujung-ujungnya bisa terjadi infeksi vagina, infeksi rahim, dan infeksi radang panggul," tutur Hendera.

Jika yang terjadi adalah infeksi radang panggul, organ di sekitar panggul akan mengalami perlengketan. Salah satunya adalah saluran telur. "Jika saluran telurnya lengket, bisa jadi mengganggu kesuburan perempuan," ujarnya.

SURABAYA – Ini peringatan bagi Anda yang malas mengganti celana dalam. Sebab ternyata dampaknya bisa bermacam-macam. Khusus untuk perempuan,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News