BK: Kehadiran Anggota DPR Memprihatinkan

BK: Kehadiran Anggota DPR Memprihatinkan
Kursi anggota DPR banyak yang kosong jelang Pemilu 2014. FOTO: JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA -- Wakil Ketua Badan Kehormatan (BK) DPR, Siswono Yudhohusodo, menyatakan, kehadiran anggota DPR RI akhir-akhir ini memprihatinkan. Kondisi ini diduga disebabkan, anggota DPR saat ini terlalu fokus ke Daerah Pemilihan (Dapil) masing-masing.

"Saya melihat tingkat kehadiran anggota dewan sangat memprihatikan, jelang pemilu ini banyak sekali anggota dewan memberikan waktu terlalu banyak ke dapil," kata Siswono di BK DPR, Jakarta, Rabu (12/2).

Padahal, kata Siswono, BK dan pimpinan DPR sudah menyepakati bahwa hari Jumat menjadi harinya fraksi. Hari Jumat bisa dimanfaatkan anggota dewan turun ke Dapil.

"Tetapi kenyataannya Senin-Selasa masih banyak di daerah. Dan sepanjang 2013 hampir tidak pernah lebih dari 250 anggota DPR (hadir paripurna), walaupun kuorum terpenuhi," jelas Anggota Komisi IV DPR itu.

Siswono menjelaskan, anggota dewan yang tidak hadir di dalam rapat sidang 6 kali berturut-turut akan diberhentikan sebagai anggota DPR.

"Tetapi banyak yang diteliti lima kali tidak hadir, satu hari masuk. BK akan mengusulkan hal ini diubah, kita usulkan persentase 25 persen. Tetapi ini usulan BK, keputusan tergantung fraksi dan anggota DPR di paripurna," tandasnya. (fat/jpnn)


JAKARTA -- Wakil Ketua Badan Kehormatan (BK) DPR, Siswono Yudhohusodo, menyatakan, kehadiran anggota DPR RI akhir-akhir ini memprihatinkan. Kondisi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News