BKS Kerja Sama Bareng Menteri Transportasi se-ASEAN

BKS Kerja Sama Bareng Menteri Transportasi se-ASEAN
Menteri Perhubungan Budi Karya saat mengikuti ATM Asean meeting pada 12-13 Oktober 2017. Foto: Istimewa

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi bersama para Menteri Transportasi ASEAN menandatangani empat kesepakatan bersama sebagai puncak dari pertemuan ke-23 Menteri Transportasi ASEAN yang dihelat di Singapura pada 12-13 Oktober 2017.

Budi menjelaskan ada sejumlah manfaat yang didapat dari empat kesepakatan ini.

Pertama, dalam paket ke-10 AFAS, Indonesia menambahkan komitmen pada bidang Aircraft Catering Services dengan batasan investasi asing maksimal 49 persen.

“Melalui kesepakatan ini Indonesia bisa memperluas peluang investasi pada bidang Aircraft Catering Services di negara-negara ASEAN lainnya,” kata Budi.

Kedua, Protocol 3 on Domestic Code Share Rights ini merupakan ekspansi dari Multilateral Agreement on The Full Liberalisation of Passenger Air Services (MAFLPAS) yang membuka kerja sama code sharing antar maskapai penerbangan ASEAN pada rute-rute domestik dengan tetap menganut prinsip no cabotage.

“Pada protokol ini Indonesia membuka domestic code share melalui lima bandar udara internasional utama yaitu Jakarta, Surabaya, Medan, Denpasar, dan Makassar ke seluruh bandar udara di Indonesia. Dengan adanya kesepakatan ini Badan Usaha Angkutan Udara Indonesia dapat melaksanakan code sharing di seluruh rute domestik di negara-negara ASEAN lainnya,” jelasnya.

Manfaat ketiga, Mutual Recognition Arrangement (MRA) on Flight Crew Licensing. Kesepakatan mengenai pengakuan bersama negara-negara anggota ASEAN atas Flight Crew Licensing. Dalam perjanjian ini setiap license pilot yang dikeluarkan oleh salah satu negara anggota ASEAN akan berlaku untuk semua negara-negara anggota ASEAN.

Dengan ditandatanganinya kesepakatan ini, nantinya license pilot yang dikeluarkan oleh otoritas penerbangan di Indonesia bisa diakui di seluruh Negara-negara ASEAN.

Budi Karya Sumadi bersama para Menteri Transportasi ASEAN menandatangani empat kesepakatan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News