Blatter Gaet Kissinger, Lobi Cruyff

Blatter Gaet Kissinger, Lobi Cruyff
Sepp Blatter. Foto: AFP/Samuel Shivambu
PEKERJAAN rumah pertama Sepp Blatter sebagai presiden FIFA adalah mencari orang-orang kepercayaan yang membantu kinerjanya. Seiring menumpuknya permasalahan organisasi seperti penanganan hukum kasus suap, Blatter membutuhkan jasa penasihat khusus.

Nah, salah satu orang yang sudah bersedia membantunya adalah Henry Kissinger. Eks sektretaris negara Amerika Serikat (AS) di pemerintahan Presiden Richard Nixon itu dianggap sosok ideal untuk menduduki posisi sebagai "orang bijaksana" yang memberi advis mengenai kelembagaan FIFA.

Jesse LaPorin, juru bicara wanita Kissinger, menyatakan bahwa Kissinger memang belum menerima surat permintaan formal dari FIFA. Namun, pria 88 tahun itu sudah menerima surat khusus dari Blatter. "Henry adalah seorang penggemar sepak bola dan dia senang bisa terlibat lebih jauh," jelas LaPorin.

Kissinger pernah diplot sebagai advisor ketika AS menjadi tuan rumah Piala Dunia 1994. Dua tahun kemudian, dia mendapat penghargaan khusus atas dedikasinya dalam sepak bola (special merit award) dari FIFA. Yang paling gres, peraih Nobel Perdamaian itu masuk dalam tim bidding AS untuk Piala Dunia 2022.

PEKERJAAN rumah pertama Sepp Blatter sebagai presiden FIFA adalah mencari orang-orang kepercayaan yang membantu kinerjanya. Seiring menumpuknya permasalahan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News