Blitar Jadi Saksi Terakhir KPN 2017 Kukuhkan Kebhinekaan

Blitar Jadi Saksi Terakhir KPN 2017 Kukuhkan Kebhinekaan
Suasana Kirab Pemuda di Kota Blitar, Jawa Timur. Foto: Asdep Kepemudaan Kemenpora for JPNN

jpnn.com, BLITAR - Setelah hampir tiga bulan mengelilingi berbagai wilayah di Nusantara, peserta Kirab Pemuda 2017 mengakhiri perjalanannya di Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

Blitar menjadi tempat singgah terakhir dari seluruh rangkaian Kirab Pemuda Nusantara (KPN) 2017 karena Kabupaten ini memiliki sejarah serta akar budaya yang kuat perjalanan bangsa Indonesia.

"Blitar memiliki potensi yang sangat luar biasa, nilai semangat perjuangan tokoh-tokoh besar seperti Raden Wijaya dan Bung Karno.

“Semangat mereka harus kita gunakan sebagai landasan untuk membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia, para pemuda harus memiliki semangat juang yang tinggi dan strategi yang hebat untuk dapat menjalankan kehidupan bernegara terutama bagi generasi muda," kata Bupati Blitar Drs. H. Rijanto, saat menyambut peserta kirab di halaman Candi Simping, Kademangan, Blitar, (5/12).

Melalui kegiatan napak tilas disejumlah tempat bersejarah di Kabupaten Blitar diharapkan peserta kirab dan generasi muda dapat ikut serta melestarikan dan mempelajari kekayaan warisan budaya bangsa dan menerapkan nilai nilai adiluhung nenek moyang.

"Budaya yang kita miliki harus kita jaga dan lestarikan, termasuk mengamalkan nilai nilai luhur bangsa sebagai modal perjuangan dan pembangunan Indonesia," harap Rijanto.

Kabupaten Blitar terkenal memiliki tempat tempat bersejarah yang berkaitan dengan perjalanan nusantara. Diantaranya candi Simping yang berada di wilayah Kademangan, Blitar. Candi Simping Merupakan tempat dimana abu pendiri Kerajaan Majapahit dan penggagas Nusantara I Raden Wijaya didharmakan.

Selain Candi Simping, Blitar juga menjadi tempat pemakaman proklamator Indonesia Ir Soekarno.

Setelah hampir tiga bulan mengelilingi berbagai wilayah di Nusantara, peserta Kirab Pemuda 2017 mengakhiri perjalanannya di Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News