Blok Mahakam Berakhir 2017

Sebaiknya Diserahkan Dalam Negeri

Blok Mahakam Berakhir 2017
Blok Mahakam Berakhir 2017
JAKARTA - Kontrak Blok Mahakam akan habis pada 2017. Ini artinya sudah 1/2 abad Blok Mahakam dikelola kontraktor asing, Total dan Inpex. Kalau menurut aturan baik peraturan pemerintah (PP) maupun UU Migas ada opsi, apakah kontrak itu akan diperpanjang kepada kontraktor yang sekarang atau diserahkan ke BUMN.

”Opsi itu di tangan pemerintah,” ujar Pengamat Migas dari Indonesia Resources Study (IRES), Marwan Batubara dalam seminar ‘Menegakkan Kedaulatan Energi Nasional’ yang digelar Komunitas Pemberdayaan Masyarakat Jakarta (KPMJ) di Jakarta, Rabu (20/2).

Di sisi lain, lanjutnya, Pertamina sejak 2008-2012 selalu menyampaikan ke DPR untuk mengelola Blok tersebut karena mampu. ”Kalau sudah seperti itu, tanpa diminta pemerintah harus menyerahkan (Blok Mahakam, Red),” ujar Marwan.

Idealnya pengelolaan kontrak diputuskan lima tahun sebelum kontrak berakhir pada 2017. Saat ini, PT Pertamina (Persero), Total E&P Indonesie, dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur telah menyatakan minatnya untuk mengelola Blok Mahakam setelah 2017. Namun pemerintah masih belum memutuskan siapa yang akan mengelola Blok Mahakam setelah kontrak Total dan Inpex berakhir.

JAKARTA - Kontrak Blok Mahakam akan habis pada 2017. Ini artinya sudah 1/2 abad Blok Mahakam dikelola kontraktor asing, Total dan Inpex. Kalau menurut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News