BMKG Peringatkan Dampak Tidak Langsung dari Siklon Tropis Choi Wan, Waspada!

BMKG Peringatkan Dampak Tidak Langsung dari Siklon Tropis Choi Wan, Waspada!
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan ada dampak tidak langsung dari Siklus Tropis Choi Wan yang akan terjadi pada Selasa dan Rabu (1-2 Juni 2021). Foto: ANTARA/HO-BMKG

jpnn.com, JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan ada dampak tidak langsung dari Siklus Tropis Choi Wan yang akan terjadi pada Selasa dan Rabu (1-2 Juni 2021).

"Dampak tidak langsung dari Siklus Tropis Choi Wan perlu diwaspadai di utara Indonesia," ujar Deputi bidang Meteorologi BMKG Guswanto dalam keterangan yang diterima, Selasa (1/6).

Menurutnya dampak tidak langsung tersebut berupa hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

Adapun wilayah uang akan terdampak adalah Kalimantan Utara, Kalimantan Tmur, ulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, dan Maluku.

Akibatnya wilayah itu akan mengalami peningkatan curah hujan yang juga meningkatkan potensi bencana hidrometeorologi.

"Banjir, banjing bandang, tanah longsor, angin kencang, puting beliung. Ini berpotensi terjadi di wilayah rawan bencana," beber Guswanto.

Tidak hanya itu, Guswanto menyebutkan siklon juga akan berdampak pada ketinggian gelombang laut yang diprediksi mencapai 2,5 hingga 4 meter.

Adapun wilayah perairan yang terdampak adalah Laut Halmahera, Samudera Pasifik utara Halmagera sampai Papua Barat.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan ada dampak tidak langsung dari Siklus Tropis Choi Wan yang akan terjadi pada Selasa dan Rabu (1-2 Juni 2021).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News