BMKG Terus Tambah Radar Cuaca

BMKG Terus Tambah Radar Cuaca
BMKG Terus Tambah Radar Cuaca
JAKARTA - Pada tahun 2010 ini, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) akan membangun radar cuaca di Pekanbaru, Riau. Menurut Kepala BMKG, DR Sri Woro B Harijono MSc dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan komisi V DPR RI di gedung Senayan, Selasa (27/1), Pekanbaru merupakan satu-satuya lokasi pembangunan radar cuaca yang dibangun sepanjang tahun 2010 ini.

"Sesuai dengan anggaran yang dimiliki oleh BMKG, pada tahun 2010 ini BMKG hanya membangun satu unit radar cuaca yang lokasinya di Pekanbaru, Riau. BMKG manargetkan pembangunan radar cuaca ini selesai dan bisa dioperasikan pada bulan Oktober mendatang," ujar Sri Woro.

Dikatakannya, pembangunan radar cuaca ini bertujuan untuk perbaikan sistem peringatan dini cuaca, sistim informasi meteorologi untuk penerbangan dan perbaikan sistim informasi cuaca maritim. Sebenarnya untuk membangun ketiga sistem tersebut, perlu dibangun radar cuaca di 51 lokasi hingga tahun 2014. "Sampai saat ini radar cuaca sudah tersedia di 19 lokasi, sisanya akan di bangun dan ditargetkan selesai pada tahun 2014 nanti," terangnya.

Di tempat sama, Sekretaris Utama BMKG DR Andi Eka menjelaskan bahwa terpilihnya Pekanbaru sebagai lokasi pembangunan radar pada tahun 2010 ini ibukota Provibnsi Riau itu merupakan daerah yang strategis dan sentral di pulau Sumatera. Sehingga, nantinya bisa berpengaruh kepada daerah yang berada di sekitarnya.

JAKARTA - Pada tahun 2010 ini, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) akan membangun radar cuaca di Pekanbaru, Riau. Menurut Kepala BMKG,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News