BNI Garap UMKM Jepang

BNI Garap UMKM Jepang
BNI Garap UMKM Jepang
JAKARTA--PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk memberikan layanan kepada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) asal Jepang yang berusaha memulai usaha di Indonesia. BNI telah menandatangani kerja sama dengan Bank Jepang untuk kerja sama internasional (JBIC) serta 16 lembaga kredit regional Jepang.

Bank-bank regional asal Jepang yang telah bekerja sama dengan BNI antara lain Hyakugo Bank, Hokuto Bank, Shonai Bank, Chugoku Bank, Gunma Bank, Juroku Bank, Hiroshima Bank, Hokuriku Bank, Kagoshima Bank, Kyoto Bank, Aichi Bank, dan Joyo Bank. Penandatangan nota kesepahaman (MoU) terbaru dilakukan BNI dengan Tomin Bank pada 19 September 2012.

BNI juga akan menandatangani MoU dengan lima lembaga lain hingga akhir 2012. Dengan demikian, Indonesia tidak hanya menjadi tempat investasi perusahaan besar asal Jepang, tetapi juga UMKM-nya sehingga akan menambah jumlah lapangan kerja di dalam negeri.

Saat ini ada sekitar 1.000 perusahaan Jepang di Indonesia yang mempekerjakan sekitar 300.000 orang. Perusahaan Jepang yang tertarik investasi di Indonesia juga mulai datang dari kalangan UMKM. Mereka bergerak di sektor ritel, media, dan produk konsumer.

JAKARTA--PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk memberikan layanan kepada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) asal Jepang yang berusaha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News