BNPB Beri Peringatan Bencana Ganda di Lereng Gunung Merapi

BNPB Beri Peringatan Bencana Ganda di Lereng Gunung Merapi
Gunung Merapi. Foto: Natalia Laurens/JPNN

jpnn.com, KLATEN - Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) meminta seluruh pihak mewaspadai potensi bencana ganda di tengah meningkatnya aktivitas Gunung Merapi.

Selain ancaman erupsi Merapi, ada potensi persebaran Covid-19 di barak pengungsian.

“Kedatang kami di sini untuk memastikan kesiapsiagaan semua telah dijalankan dengan baik. Ada dua ancaman. Erupsi Merapi dan pandemi Covid-19,” kata Deputi Bidang Pencegahan BNPB Lilik Kurniawan usai meninjau barak pengungsian di Desa Balerante, Kecamatan Kemalang akhir pekan lalu.

Terkait aktivitas Merapi telah mendapatkan informasi dari Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Jogja.

Hingga akhirnya beberapa daerah yang berada di kawasan rawan bencana (KRB) III secara inisiatif melakukan evakuasi mandiri, terutama kelompok rentan.

“Mereka yang mengungsi adalah kelompok rentan. Mulai dari mereka yang lanjut usia, anak-anak, ibu hamil, orang sakit, dan disabilitas. Posisi BNPB dalam hal ini memberikan dukungan. Sekaligus memastikan penerapan protokol pencegahan Covid-19 telah dilakukan,” tambahnya.

Lilik menjelaskan, mereka yang datang ke barak pengungsian diwajibkan menggunakan masker serta cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir.

Lantas diukur suhu tubuhnya terlebih dahulu sebelum memasuki bagian kawasan barak pengungsian.

Sejak 5 November, Gunung Merapi dinyatakan dalam status siaga. Mayoritas warga di lereng gunung sudah mengungsi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News