BNPB: Perlu Ada Pesan Preventif Bencana di Sinetron

BNPB: Perlu Ada Pesan Preventif Bencana di Sinetron
BNPB: Perlu Ada Pesan Preventif Bencana di Sinetron
BOGOR - Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), B Wisnu Widjaja menyinggung tayangan sinetron yang dianggap tidak mendidik. Menurutnya, sebagai program yang banyak dinikmati, harusnya sinetron memberikan pesan yang bisa memberikan pencerahan.

"Jangan hanya tayang tuyul yang dimunculkan karena mengarah ke pembodohan. Dunia hanya seperti dijadikan sulapan dan kawin cerai," kata Wisnu pada pelatihan penanggulangan bencana "Menuju Indonesia Tangguh" di Bogor, Selasa (13/3).

Wisnu lantas mengungkapkan usaha Jepang yang membangun sepakbolanya melalui media komik. Kata dia, Negeri Sakura itu butuh bertahun-tahun untuk membangkitkan semangat sepakbola melalui komik Kapten Tsubasa. "Jadi ini persoalan mindset. Bukan persoalan Undang-undang," katanya.

Makanya, Wisnu berharap agar program sinetron ikut berkontribusi membentuk pola pikir dalam menyampaikan pesan pencegahan bencana. "Saya kira itu bisa dilakukan sebagai laboratorium upaya preventif bencana," katanya. (awa/jpnn)


BOGOR - Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), B Wisnu Widjaja menyinggung tayangan sinetron yang dianggap


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News