BNPB Siap Sebar 2 Juta Masker di 4 Lokasi PON Papua

BNPB Siap Sebar 2 Juta Masker di 4 Lokasi PON Papua
Tangkapan layar Deputi Bidang Pencegahan BNPB Prasinta Dewi dalam bincang wicara "Persiapan Penerapan Prokes PON XX Papua" yang dipantau di Jakarta, Rabu (15/9/2021). (ANTARA/Devi Nindy)

jpnn.com, JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyiapkan dua juta masker yang akan disebar di empat lokasi Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2021 Papua yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Mimika, dan Merauke.

Hal itu guna memberikan edukasi kepada masyarakat tentang penerapan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19.

"Persediaan masker ada dua juta masker di empat wilayah pelaksanaan PON XX,” ujar Deputi Bidang Perencanaan BNPB Prasinta Dewi dalam bincang wicara "Persiapan Protokol Kesehatan PON XX Papua" secara daring dipantau dari Jakarta, Rabu (15/9). 

BNPB akan bekerja sama dengan 500 sukarelawan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 yang bekerja secara tim dan sif sepanjang pertandingan. Selain itu, katanya, BNPB akan fokus kepada masyarakat di sekeliling arena PON, untuk memberikan edukasi perilaku hidup bersih dan sehat di masa adaptasi kebiasaan baru di tengah pandemi Covid-19.

"Mereka yang akan menonton jadi sasaran edukasi menggunakan masker," ujar Prasinta.

Menurutnya, prosedur tetap (protap) penonton yang boleh hadir dalam arena pertandingan telah diatur oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI). 

Dia menambahkan KONI telah mengatur persyaratan pengunjung arena pertandingan, serta kapasitas orang dalam arena selama pertandingan berlangsung.

Lebih lanjut dia menambahkan Satgas Covid-19 BNPB berencana mengirim lima unit alat tes PCR selama berlangsungnya PON XX Papua.

BNPB menyiapkan 2 juta masker yang akan disebar di empat lokasi PON XX Papua yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Mimika, dan Merauke. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News