Bobot Unas Ulangan Tetap Sama

Bobot Unas Ulangan Tetap Sama
Bobot Unas Ulangan Tetap Sama
JAKARTA - Percepatan jadwal ujian nasional (unas) tahun ini merupakan strategi Kemendiknas agar dapat meningkatkan jumlah kelulusan siswa SMP dan SMA. Hari ini (10/5) hingga Jumat nanti (14/5) lebih dari 154 ribu siswa SMA/MA dan SMK mengikuti unas ulangan. Sedangkan unas ulangan SMP akan berlangsung 17-20 Mei mendatang.

Meski unas ulangan, Mendiknas Mohammad Nuh menyatakan bobot soal yang diujikan tidak berbeda dengan unas sebelumnya. Menurut dia, soal yang disiapkan memenuhi standar unas pada umumnya. "Kisi-kisi dan bobot kesulitan soal tidak berbeda. Semuanya sama," tegasnya kemarin (9/5).

Dengan bobot soal yang sama, kata Nuh, lebih mudah untuk mengevaluasi keseluruhan hasil unas. Sebab, pelaksanaan unas tahun ini merupakan unas yang pertama dengan jadwal baru. "Tujuan kami bukan mengubah sistem, tetapi hanya mengubah jadwal," tutur mantan menteri komunikasi dan informatika tersebut.

Nuh menjelaskan, meski penyelenggaraan unas ulangan baru dilaksanakan tahun ini, pihaknya telah memantau persiapan hingga ke daerah. Menurut Nuh, tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Pada dasarnya unas ulangan itu juga memiliki sistem pengawasan yang sama dengan unas biasa.

JAKARTA - Percepatan jadwal ujian nasional (unas) tahun ini merupakan strategi Kemendiknas agar dapat meningkatkan jumlah kelulusan siswa SMP dan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News