Bogor Ajukan Pemekaran

Bogor Ajukan Pemekaran
Bogor Ajukan Pemekaran
DEPOK – Tiga daerah di Jawa Barat mengajukan usulan pemekaran ke pemerintah pusat. Ketiga daerah tersebut, Sukabumi Utara dengan daerah induk Sukabumi. Serta Bandung Barat dan Bogor.

Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan menyebutkan, usulan pemekaran yang diajukannya bukan karena ada kepentingan politis. Tapi memang kebutuhan akan terwujudnya efektivitas pelayanan publik dari masing-masing daerah di Jawa Barat.

’’Kalau di daerah lain, kan daerah induk atau asal tak mau dimekarkan. Tapi di Jawa Barat ini, Bupati Bogor selalu bertanya, kapan kabupaten itu dimekarkan. Karena bebannya sudah terlalu berat,” ungkapnya.

Dirinya sudah mengajukan usulan pemekaran untuk tiga daerah yang sudah dusulkan ke pemerintah pusat. Bahkan tembusannya sudah dikirim juga ke DPR RI, dalam hal ini Komisi II. Secara terpisah, Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi, menegaskan, pemerintah pusat tak akan mencabut keputusan untuk melakukan moratorium daerah pemekaran.

Meski sudah ada beberapa daerah, seperti Propinsi Jawa Barat yang meminta agar moratorium di cabut. Sebab moratorium itu, sudah disepakati antara DPR dengan pemerintah pusat. Selain itu memang, sudah disepakati, akan dilakukan evaluasi, serta menungu terlebih dahulu grand desain penataan pemerintah daerah, baru setelah itu bicara pemekaran.

DEPOK – Tiga daerah di Jawa Barat mengajukan usulan pemekaran ke pemerintah pusat. Ketiga daerah tersebut, Sukabumi Utara dengan daerah induk

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News