Bomber Lockerbie Simpan Uang di Swiss

Bomber Lockerbie Simpan Uang di Swiss
Bomber Lockerbie Simpan Uang di Swiss
LONDON - Agen mata-mata Libia yang menjadi pelaku peledakan pesawat Pan Am di atas langit Lockerbie, Skotlandia, Abdel Baset al-Megrahi, ternyata memiliki rekening rahasia pada sebuah bank di Swis. Jumlahnya pun tak tanggung-tanggung, mencapai £1.8m ($2.9 million USD), atau sekitar Rp 29 miliar.

Seperti dilaporkan laman berita foxnews.com, Minggu (20/12), pihak Kejaksaan Skotlandia telah menegaskan penolakannya atas uang jaminan bagi al-Megrahi yang telah menjalani delapan tahun masa hukuman. Alasannya, agar al-Megrahi tidak memiliki akses terhadap uang simpanannya itu.

Keberadaan uang berjumlah besar dalam rekening pribadi itu jelas mematahkan klaim pemerintah Libia bahwa al-Megrahi hanya pekerja rendahan di sebuah maskapai. Pengungkapan kepemilikan Megrahi atas rekening rahasia itu sekaligus menimbulkan pertanyaan tentang kebijakan pemerintah Sekotlandia melepaskan al-Megrahi pada Agustus lalu.

Seperti diketahui, alasan pelepasan itu karena dasar kemanusiaan, mengingat Megrahi mengidap kanker prostat. Namun sumber yang dekat dengan tim pembela Megrahi mengatakan,mereka menyadari adanya rekening itu. Namun ada banyak penjelasan yang telah disiapkan soal rekening saat pengadilan Megrahi di Belanda tahun 2000 lalu.(ara/jpnn)

LONDON - Agen mata-mata Libia yang menjadi pelaku peledakan pesawat Pan Am di atas langit Lockerbie, Skotlandia, Abdel Baset al-Megrahi, ternyata


Redaktur & Reporter : Antoni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News