Bongkar Asal Uang Gayus Rp 74 M

Bongkar Asal Uang Gayus Rp 74 M
Foto: Dok.JPPhoto
JAKARTA---Mabes Polri dinilai lambat mengusut asal muasal aset Gayus Tambunan. Sejak ditemukan Mei 2010, hingga Januari 2011 (sembilan bulan), asal muasal uang Rp 74 M milik Gayus masih gelap.

"Ini sangat disesalkan. Termasuk oleh pak Susno Duadji," kata pengacara Johnson Panjaitan yang kemarin menjenguk mantan Kabareskrim Komjen Susno Duadji di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat. Selains ebagai advokat, Johnson juga aktif sebagai penasihat LSM Indonesia Police Watch yang selama ini getol mengkritik kepolisian.

Johnson menemui Susno sekitar satu jam. Aksesnya cukup istimewa karena lazimnya, pengunjung tahanan rutan Brimob hanya diperbolehkan menjenguk pada hari Selasa dan Jumat. "Saya tadi ngobrol banyak dengan pak Susno soal Gayus," katanya. Pengacara Humala Napitupulu (salah seorang rekan Gayus, tersangka pajak juga) itu menyebut Susno sangat prihatin. "Seakan-akan kasus ini tidak pernah tuntas. Dibelokkan disana-sini," katanya.

Susno, kata Johnson, juga kecewa dengan penanganan kasus itu yang dilakukan oleh koleganya Komjen Ito Sumardi. "Pak Susno siap diperiksa, tapi oleh Kapolri. Bukan oleh Kabareskrim Ito," katanya. Johnson yang juga menjadi lawyer RMS ( Republik Maluku Selatan) di Belanda itu menyebut asal usul uang Gayus baik Rp 28 M maupun Rp 74 M misterius. "Padahal, penyidikannya sudah sejak lama. Ini juga dipertanyakan pak Susno," katanya.

JAKARTA---Mabes Polri dinilai lambat mengusut asal muasal aset Gayus Tambunan. Sejak ditemukan Mei 2010, hingga Januari 2011 (sembilan bulan), asal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News