Boni Hargens Yakin KPK Profesional Proses Kasus Formula E

Boni Hargens Yakin KPK Profesional Proses Kasus Formula E
Boni Hargens. Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Analis politik Boni Hargens menilai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bekerja secara profesional dan menjunjung tinggi hukum dalam menangani kasus Formula E.

KPK tidak akan mentersangkakan seseorang kecuali seseorang yang karena perbuatannya atau keadaannya berdasarkan bukti permulaan patut diduga sebagai pelaku tindak pidana. Karena itulah sejatinya penegakan hukum," ujar Boni dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu (4/1).

Lulusan Walden University itu juga mengkritisi pernyataan mantan Komisioner KPK Bambang Widjojanto (BW) yang mengaitkan kasus tersebut dengan eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Boni mengingatkan makna penyelidikan sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1981 tentang KUHAP.

Dia menyatakan penyelidikan adalah serangkaian tindakan penyelidik untuk menemukan suatu peristiwa pidana guna dilakukan penyidikan.

"Dengan demikian jelas bahwa penyelidikan cukup menemukan peristiwa pidana untuk dinaikkan ke penyidikan, dengan demikian maka hasil penyelidikan hanya memastikan ada atau tidaknya peristiwa pidana guna dilakukan penyidikan," kata Boni.

Sementara penyidikan, lanjut Boni, adalah serangkaian tindakan penyidik sebagaimana tata cara yang diatur undang-undang untuk mencari keterangan dan bukti, yang dengan bukti tersebut membuat terangnya suatu peristiwa pidana guna menemukan tersangkanya.

Menurut Boni, hal tersebut perlu dipahami, sesuai dengan hukum acara pidana.

Boni Hargens mengingatkan makna penyelidikan sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1981 tentang KUHAP.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News