Boros Banget, Nasib Sekolah Kedinasan Bakal Berubah

Boros Banget, Nasib Sekolah Kedinasan Bakal Berubah
PNS kedinasan. Foto: dok. humas Kemenpan

jpnn.com - JAKARTA--Tidak hanya menggabungkan sekolah ikatan dinas, pemerintah juga berencana melakukan integrasi lembaga-lembaga diklat di bawah kementerian/lembaga menjadi holding.

Salah satu tujuannya untuk membentuk bank aparatur, yang memudahkan instansi pemerintah mendapatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) sesuai kompetensi yang dibutuhkan.

“Adanya bank aparatur akan memudahkan instansi pemerintah‎ mencari ASN sesuai kebutuhan. Orang bisa mencari ASN dengan berbagai kompetensi ada di sini. Selain efisiensi waktu, juga tidak boros,” jelas Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Asman Abnur di Jakarta, Senin (3/10).

Pembentukan holding atau bank aparatur, menurut Asman, dilakukan untuk memudahkan dari sisi administrasi maupun efisiensi anggaran.

Selain lembaga diklat, hal serupa juga akan dilakukan untuk sekolah kedinasan yang ada di bawah K/L.

Saat ini ada tujuh sekolah kedinasan, yakni PKN STAN, IPDN, STTD, AIM dan Poltekip, STIS, STMKG, dan STSN.

Mulai 2016, untuk kali pertama pendaftaran ketujuh sekolah kedinasan itu dilakukan secara terintegrasi.

Keberadaan lembaga diklat maupun sekolah kedinasan tersebut pada dasarnya dibentuk untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi ASN khususnya PNS.

JAKARTA--Tidak hanya menggabungkan sekolah ikatan dinas, pemerintah juga berencana melakukan integrasi lembaga-lembaga diklat di bawah kementerian/lembaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News