Bos BRI Meramal Pemulihan Ekonomi Indonesia, Begini

Bos BRI Meramal Pemulihan Ekonomi Indonesia, Begini
Direktur Utama BRI Sunarso optimistis soal pemulihan ekonomi. Foto: BRI

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Utama BRI Surnaso mengaku semakin optimistis terhadap pemulihan ekonomi nasional.

Pasalnya, ketua Himpunan Bank-bank Milik Negara (Himbara) itu menilai kinerja BRI dan bank BUMN anggota perhimpunan itu pada semester I 2021 cenderung positif.

"Kinerja bank Himbara yang pada semester pertama 2021 dan optimisme hingga akhir tahun ini hadir, karena kebijakan pemerintah yang tepat dalam merespons krisis ekonomi akibat pandemi COVID-19," kata Sunarso dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Sabtu (4/9).

Sunarso menjelaskan dalam kondisi menghadapi krisis, aset bank-bank milik negara secara kumulatif hingga Juni 2021 tumbuh 7,7 persen menjadi Rp 3.904,30 triliun.

Aset tersebut tersalurkan dalam bentuk kredit senilai Rp 2.552,9 triliun.

Penyaluran kredit bank Himbara pun tumbuh 5,4 persen dan penghimpunan dana masyarakat naik 8,7 persen (yoy) menjadi Rp 2.948,78 triliun.

Kemudian, non performing loan (NPL) terkelola cukup ideal di kisaran tiga persen. Untuk laba, pada paruh pertama 2021, empat bank Himbara mampu membukukan Rp 29,9 triliun atau tumbuh 18,4 persen.

"Khusus BRI, hingga Juni 2021 aset tumbuh 7,8 persen (yoy) dengan pinjaman tumbuh 5,0 persen (yoy), Dana pihak ketiga tumbuh 6,5 persen dan laba tumbuh 22 persen mencapai Rp 12,45 triliun," tutur dia.

Direktur Utama BRI Sunarso membeberkan data terkini terkait pemulihan ekonomi Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News