Boyong 90 Industri Wisata untuk Jaring Turis di ITB Asia 2016 Singapore

Boyong 90 Industri Wisata untuk Jaring Turis di ITB Asia 2016 Singapore
Suasana ITB Asia 2015 di Marina Bay Hotel, Singapura. Foto: itb-asia.com

jpnn.com - JAKARTA – Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya tak mau melewatkan ITB Asia 2016 Singapore agar tampil all out. Terlebih, negeri pulau di sebelah utara Batam itu merupakan pasar utama bagi Indonesia dalam menggaet wisatawan mancanegara.

Ada sejumlah sebab sehingga ITB Asia 2016 Singapura perlu tampil all out. Pertama, selama puluhan tahun, hingga 2015, Singapura adalah pasar utama Indonesia. Originasi jumlah wismannya paling besar, sebelum akhirnya disalip China pada semester II tahun 2016 ini.

Kedua, penyelenggaranya memang di-endorse khusus oleh tim Internationale Tourismus-Borse (ITB) Berlin, yang dikenal sebagai jago nomor wahid dalam menggelar travelmart terbesar di dunia. Mereka berkolaborasi dengan Singapore untuk membuat pertemuan seller dan buyer industry wisata itu.

Ketiga, kebijakan Bebas Visa Kunjungan (BVK) yang cukup berdampak pada jumlah wisman masuk dari Kepri sehingga turis ke Batam, Bintang, Tanjung  Balai Karimun, Anambas dan Natuna meningkat. Tidak hanya Singaporean, tetapi warga negara mana saja yang transit dari Singapore.

“Tahun ini, tepatnya 19-21 Oktober 2016, forum business to business ini akan tetap menjadi prioritas kegiatan selling kami,” ungkap Arief Yahya, Menteri Pariwisata Indonesia.

Di ITB Asia, Kemenpar akan mengikuti kegiatan travel trade show terbesar yang digelar di Hotel Marina Bay yang mendunia. Tata arsitekturnya gedungnya unik dan mirip kapal terdampar di atas tiga pilar di udara itu.

Deputi Bidang Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI, I Gde Pitana mengatakan, Indonesia secara rutin mengikuti ITB Asia di Singapura. Keikutsertaan kali ini juga untuk mempromosikan sekaligus mempertahankan eksistensi pariwisata Indonesia di dunia khususnya kawasan ASEAN.

"ITB Asia adalah tempat yang potensial untuk mempromosikan pariwisata Indonesia karena merupakan pameran business to business yang memungkinkan para pelaku industri di Indonesia memperluas jejaring pasar mereka," kata Pitana.

JAKARTA – Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya tak mau melewatkan ITB Asia 2016 Singapore agar tampil all out. Terlebih, negeri pulau di

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News