BP3IP Fokus Lahirkan SDM Transportasi Laut Berdaya Saing Global

BP3IP Fokus Lahirkan SDM Transportasi Laut Berdaya Saing Global
Balai Besar Pendidikan Penyegaran dan Peningkatan Ilmu Pelayaran (BP3IP) Jakarta, Kementerian Perhubungan berkomitmen melahirkan SDM yang berdaya saing global. Foto dok BP3IP Kemenhub

jpnn.com, JAKARTA - Balai Besar Pendidikan Penyegaran dan Peningkatan Ilmu Pelayaran (BP3IP) Jakarta, Kementerian Perhubungan berkomitmen melahirkan SDM yang berdaya saing global.

Hal ini disampaikan oleh Direktur BP3IP Jakarta, Ahmad saat memimpin pelantikan 205 orang sebagai Ahli Nautika Tingkat II, III, dan IV dan Ahli Teknika Tingkat II, III, dan IV di Hotel Novotel Mangga Dua, Jakarta, Rabu (11/5).

“Saat ini dan pada era mendatang tantangan yang akan dihadapi semakin berat, oleh karena itu kita semua harus selalu produktif dan aktif dalam meningkatkan kemampuan diri sebagai pelaut profesional yang mampu bersaing secara global. Saya berpesan kepada perwira lulusan BP3IP agar terus meningkatkan kualitas kemampuanya sehingga dapat bersaing secara global,” kata Ahmad.

Ahmad juga menambahkan pentingnya meningkatkan kompetensi bagi para pelaut agar dapat terus beradaptasi dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi guna mewujudkan transportasi yang terkoneksi, andal, selamat, aman dan nyaman.

Adapun salah satu bentuk dukungan BP3IP guna mewujudkan hal tersebut adalah dengan terus bekerja keras menyediakan jasa pendidikan pelaut, yang berkualitas sehingga menghasilkan lulusan yang profesional dan berdaya saing global.

"Kami berpesan, tugas dan tanggung jawab pelaut penuh resiko dan tantangan dalam menghadapi ketidakpastian kondisi alam serta meninggalkan keluarga, terlebih lagi dengan kondisi pandemi yang saat ini masih terjadi," seru Ahmad.

Kepala Bidang Penyelenggaraan BP3IP, P. Marcello Lopulalan melaporkan para wisudawan yang dilantik ini sudah menyelesaikan pendidikan dan pelatihan dengan sistem dan metode pembelajaran yang mencakup empat kriteria, yakni kompetensi akademik, kompetensi profesional, kompetensi nilai dan sikap, serta kompetensi untuk menghadapi perubahan.

"Adapun wisudawan yang dilantik merupakan para pelaut lulusan program Diklat Pelaut (DP) Tingkat II, III, dan IV bidang keahlian Nautika dan Teknika, dengan rincian Diklat Pelaut Tingkat II sebanyak 89 orang, Diklat Pelaut Tingkat III sebanyak 78 orang, dan Diklat Pelaut Tingkat IV sebanyak 38 orang," katanya.

Balai Besar Pendidikan Penyegaran dan Peningkatan Ilmu Pelayaran (BP3IP) Jakarta, Kementerian Perhubungan berkomitmen melahirkan SDM yang berdaya saing global.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News