BPBD Sebut 10 Wilayah di DKI Jakarta Rawan Longsor, Jaksel Paling Banyak

BPBD Sebut 10 Wilayah di DKI Jakarta Rawan Longsor, Jaksel Paling Banyak
BPBD merilis data potensi tanah longsor di DKI Jakarta. Ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta mengingatkan bahwa 10 wilayah di DKI Jakarta berpotensi terjadi pergerakan tanah.

Kepala BPBD DKI Jakarta, Isnawa Adji mengatakan potensi pergerakan tanah terjadi di delapan wilayah di Jakarta Selatan dan dua wilayah di Jakarta Timur.

PVMBG telah merilis informasi potensi gerakan tanah di Jakarta setiap bulannya dengan menganalisis data curah hujan yang dikeluarkan oleh BMKG, yang kemudian disadur oleh BPBD DKI untuk diinformasikan ke masyarakat.

"Sepanjang 2017 hingga 2021 terdapat total sebanyak 57 kejadian tanah longsor yang tersebar di berbagai lokasi di Jakarta," kata Isnawa seperti yang dikutip dalam laman resmi BPBD Provinsi Jakarta, Rabu.

Menurutnya, mayoritas kejadian tanah longsor terjadi karena adanya intensitas curah hujan yang tinggi pada lokasi yang berada di sekitar kali atau sungai.

Paling banyak terjadi di wilayah Jakarta Selatan atau Jaksel (34 kejadian) dan Jakarta Timur (21 kejadian). Adapun untuk detail wilayah kelurahan yang paling banyak terjadi yakni di Srengseng Sawah (6 kejadian) dan Ciganjur (4 kejadian).

"Informasi yang dirilis setiap bulannya bukan berarti seluruh wilayah kecamatan tersebut masuk ke dalam kategori rawan, namun hanya pada wilayah tertentu yang berada pada kawasan lereng di tepi kali atau sungai saja. Hal ini perlu dipahami agar masyarakat tidak panik, namun tetap waspada," kata Isnawa.

Dia pun meminta warga masyarakat yang berada di wilayah tersebut untuk mengenali gejala-gejala pergerakan tanah atau yang biasa dengan sebutan tanah longsor.

Mayoritas kejadian tanah longsor terjadi karena adanya intensitas curah hujan yang tinggi pada lokasi yang berada di sekitar kali atau sungai.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News