BPJS Kesehatan Siap Uji Coba Pembayaran Baru di 40 FKTP Serang

BPJS Kesehatan Siap Uji Coba Pembayaran Baru di 40 FKTP Serang
BPJS Kesehatan bersama Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI siap mengujicobakan sistem pembayaran terbaru dengan skema BKS KIA. Foto: dok BPJS Kesehatan

jpnn.com, JAKARTA - BPJS Kesehatan bersama Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI siap mengujicobakan sistem pembayaran terbaru dengan skema Belanja Kesehatan Strategis Kesehatan Ibu dan Anak (BKS KIA) di 40 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) wilayah Kabupaten/Kota Serang.

Direktur Perencanaan, Pengembangan, dan Manajemen Risiko BPJS Kesehatan, Mahlil Ruby mengatakan skema itu dirumuskan sejak 2019 sebagai langkah meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelayanan kesehatan ibu dan anak.

“Pelaksanaan uji coba skema BKS KIA dimulai September 2022 sampai dengan Agustus 2023 mendatang," ungkap Mahlil Ruby.

Dia menambahkan uji coba itu melibatkan dukungan dari Pemerintah Provinsi Banten, Kota/Kabupaten Serang, FKTP mitra BPJS Kesehatan, United States Agency for International Development (USAID), dan World Bank.

Dia menuturkan, kondisi saat ini, 67% pemeriksaan kehamilan (antenatal care/ANC) dilakukan di rumah sakit, sedangkan FKTP sebagai garda terdepan pelayanan kesehatan justru hanya melayani 33% ANC.

Kualitas pelayanan ANC juga belum memenuhi standar, sehingga kehamilan berisiko tinggi kurang teridentifikasi dengan baik.

“Tingginya angka persalinan melalui operasi caesar salah satunya disebabkan oleh rendahnya kuantitas dan kualitas ANC. Oleh karena itu, BPJS Kesehatan bersama Kemenkes RI dan USAID mengembangkan skema pembayaran BKS KIA demi meningkatkan efisiensi pembiayaan kesehatan ibu dan anak,” tegas Mahlil.

Direktur Pengawasan, Pemeriksaan dan Hubungan Antar Lembaga BPJS Kesehatan, Mundiharno menambahkan keberadaan BKS KIA diharapkan bisa mendongkrak kualitas, efisiensi, dan ekuitas pelayanan kesehatan bagi ibu dan anak.

BPJS Kesehatan bersama Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI siap mengujicobakan sistem pembayaran terbaru dengan skema BKS KIA.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News