BPOM Harus Ketat Awasi Produk China

BPOM Harus Ketat Awasi Produk China
BPOM Harus Ketat Awasi Produk China
JAKARTA—Mengantisipasi masuknya produk China yang harganya murah tapi kualitasnya tidak bisa dijamin di era Asean-China Free Trade Agreement (ACFTA), gabungan asosiasi industri mendesak pemerintah mempertegas pemberlakuan SNI (Standar Nasional Indonesia). Juga memperkuat peranan BPOM (Badan Pengawasan Obat dan Makanan).

“Pemerintah harus mengeluarkan aturan, semua produk yang masuk ke Indonesia harus ada SNI,” ujar Ketua Asosiasi Industri Baja, Fazwar Bujang dalam rapat dengar pendapat antara gabungan asosiasi industri dengan Komisi VI DPR RI, di Senayan, Senin (17/1).

Meski mendesak penerapan SNI, dia juga menyoal tentang mudahnya mendapatkan label mutu tersebut. Karena itu dia menyarankan agar Bea Cukai memperketat pengawasannya terutama terhadap produk impor illegal yang masuk ke Indonesia.

Sementara Asosiasi Industri Kosmetik dan Jamu yang diwakili Putri Wardani mengatakan, posisi BPOM harus diperkuat dan pengawasannya terhadap produk-produk obat-obatan dan makanan diperketat. Ini agar konsumen bisa terhindar dari penggunaan kosmetika dan jamu impor yang tidak diketahui efek negatifnya.


JAKARTA—Mengantisipasi masuknya produk China yang harganya murah tapi kualitasnya tidak bisa dijamin di era Asean-China Free Trade Agreement


Redaktur & Reporter : Soetomo Samsu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News