BRI Genjot Kredit Infrastruktur

BRI Genjot Kredit Infrastruktur
BRI Genjot Kredit Infrastruktur
JAKARTA - Penyaluran pembiayaan atau kredit di sektor infrastruktur kian digenjot melalui program Masterplan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI). PT Bank Rakyat Indonesia Tbk misalnya, yang menargetkan mampu mencetak portofolio kredit infrastruktur mencapai Rp 20 triliun hingga akhir 2012.

"Direktur Utama BRI Sofyan Basir mengatakan saat ini portofolio kredit infrastruktur masih minim, setidaknya dati total nilai kredit BRI pada semester pertama 2012 sebesar Rp 304,81 triliun. "Sekarang porsinya (kredit infrastruktur) masih di bawah 10 persen. Namun hingga akhir tahun kami targetkan porsinya sampai 15 persen," jelasnya kemarin usai memberangkatkan pemudik.

"Menurut Sofyan, minimnya penyaluran kredit pada infrastruktur lantaran pihaknya masih fokus untuk mendukung sektor mikro dan UKM. Namun demikian, pihaknya saat ini bakal menggenjot performa kredit di sektor infrastruktur seiring dengan tugasnya sebagai pelaksana Treasury Single Account, atau pengatur alur penerimaan dan pengeluaran negara."Jadi kredit infrastruktur ini jadi bagian bisnis BRI untuk mendukung BUMN. Sehingga kami melaksakan pembangunan proyek-proyek infrastruktur yang dananya dari APBN, dan sangat mudah," paparnya.

"Seberapa besar dana yang disiapkan untuk proyek-proyek infrastruktur, Sofyan menyebutkan bergantung proyek yang masuk, dan nilai batasnya sesuai dengan yang ditetapkan oleh APBN. Akan tetapi setidaknya, yang disetujui bisa mencapai 70 persen dari total nilai proposal proyek.

JAKARTA - Penyaluran pembiayaan atau kredit di sektor infrastruktur kian digenjot melalui program Masterplan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News