Brigjen Ramadhan Jelaskan Maksud Pergantian Warna Seragam Satpam

Brigjen Ramadhan Jelaskan Maksud Pergantian Warna Seragam Satpam
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memamerkan warna baru seragam satpam. Foto: Dok. Humas Polri

jpnn.com, JAKARTA - Polri secara resmi telah memarken warna baru seragam satuan pengamanan (satpam). Ke depannya, satpam akan memakai seragam dengan warna krem.

“Pemilihan warna krem untuk menyerasikan dengan warna baju dan perlengkapan lainnya (celana, field cap, pet, sepatu, kopel dan tali kur),” ujar Karopenmas Divhumas Brigjen Ahmad Ramadhan dalam siaran persnya, Kamis (3/2)

Dia menyebut proses penentuan warna telah dilakukan pertemuan-pertemuan antara ABUJAPI (Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia) dan Korbinmas Polri.

“Sehingga terpilih warna krem yang seperti saat ini,” kata Ramadhan.

Jenderal bintang satu ini mengatakan perubahan warna itu berdasarkan pertimbangan ekonomi. Pihaknya juga membebani para satpam sehingga celana lama tetap bisa digunakan.

“Penggantian hanya warna kemeja seragam satpam dari cokelat muda menjadi warna krem. Dan warna celana tetap cokelat tua,” tegas Ramadhan.

Ramadhan mengatakan pergantian itu juga mengurangi kemiripan dengan polisi. Dia menyebut, warna krem seragam satpam masih serumpun dengan warna seragam Polri.

“Selain itu juga untuk mengantisipasi apabila dalam praktiknya nanti terjadi distorsi warna tidak menjadi mirip dengan institusi yang memiliki tugas dan fungsi yang sama,” ujarnya.

Polri menyebut pergantian warna baru seragam satpam telah melalui proses panjang dan diputuskan bersama dengan ABUJAPI.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News