Brokoli Bisa Mencegah Pengapuran Tulang

Brokoli Bisa Mencegah Pengapuran Tulang
Brokoli Bisa Mencegah Pengapuran Tulang

jpnn.com - BROKOLI mungkin memang terasa pahit jika dimakan mentah-mentah. Namun sekelompok dokter menemukan manfaat lain dari konsumsi sayuran ini, yaitu mencegah atau memperlambat pengapuran tulang alias osteoarthritis.

Apalagi seperti kita tahu bentuk paling umum dari penyakit arthritis yang tak dapat disembuhkan ini, gejalanya hampir selalu terjadi ketika usia seseorang mencapai 85 tahun.

"Meski tak dapat disembuhkan, setidaknya anda harus bisa memberitahukan kepada orang-orang sehat tentang bagaimana melindungi sendi mereka di masa depan. Pola makan seperti inilah yang bisa jadi alternatif aman," kata peneliti Dr. Ian Clark, seperti dilansir laman CBS News, Rabu (25/9).

Hal ini dibuktikan Clark dan rekan-rekannya dengan memberi makan sebuah senyawa yang disebut sulforaphane pada sekumpulan tikus. Sebelumnya senyawa ini diketahui memiliki sifat anti-kanker. Brokoli sendiri mengandung sulforaphane dengan kadar tinggi.

Disamping brokoli, Brussels sprout, kubis dan sayuran yang tergolong ke dalam famili Cruciferous juga mengandung senyawa ini.

Ternyata tikus-tikus yang diberi makanan kaya akan sulforaphane menunjukkan kerusakan tulang rawan yang lebih kecil serta berpeluang lebih sedikit untuk mengalami osteoarthritis ketimbang tikus-tikus yang tidak diberi makan senyawa itu.

Peneliti pun telah memastikan temuan mereka dengan menguji senyawa yang ada di dalam sampel sel tulang rawan dari tikus-tikus tersebut dan sejumlah orang yang diminta mengonsumsi brokoli. Hasilnya sesuai harapan, kerusakan tulang rawannya juga terlihat lebih kecil dengan bantuan sulforaphane.

"Sekarang kami ingin memperlihatkan jika hal ini juga efektif pada manusia. Dan manfaatnya bisa sangat kuat. Apalagi kami melihat dengan populasi yang semakin menua dan tingginya angka obesitas, kami menduga beban kesehatan dan finansial tambahan dari osteoarthritis juga akan semakin berat," kata Clark lebih lanjut.

BROKOLI mungkin memang terasa pahit jika dimakan mentah-mentah. Namun sekelompok dokter menemukan manfaat lain dari konsumsi sayuran ini, yaitu mencegah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News