Bu Mega Ogah Sombong, tapi Pak Jokowi Tetap Petugas Partai

Bu Mega Ogah Sombong, tapi Pak Jokowi Tetap Petugas Partai
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri saat hendak duduk pada acara pengumuman rekomendasi pasangan calon gubernur-calon wakil gubernur dari PDIP di Jakarta, Minggu (7/1). Foto: Ricardo/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri kembali menyatakan bahwa Joko Widodo merupakan petugas partainya. Megawati menegaskan, Jokowi -panggilan beken Joko Widodo- sebagai kader PDIP sedang ditugaskan oleh partai berlambang kepala banteng itu untuk duduk di eksekutif.

Megawati menyatakan hal itu saat berpidato saat berpidato pada pengumuman nama-nama pasangan calon gubernur-calon wakil gubernur untuk Pilkada 2018 di DPP PDIP Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Minggu (7/1). Presiden Kelima RI itu mengatakan, PDIP menugaskan kader-kadernya termasuk yang baru masuk untuk duduk di posisi legislatif, eksekutif ataupun struktur kepengurusan.

Penugasan itu juga berlaku bagi kader PDIP di pilkada. “Ini penugasan,” katanya di hadapan ratusan kader PDIP.

Selanjutnya, Megawati juga menyinggung soal Jokowi. Putri Proklamator RI itu mengaku masih menyimpan tanda tangan Jokowi tentang kesediaan mantan gubernur DKI tersebut saat ditugaskan untuk menjadi mencalonkan diri pada Pemilu Presiden (Pilpres) 2014.

"Ketika saya jadikan  Pak Jokowi (sebagai calon presiden, red) orang kan seperti tidak mau tahu, sepertinya Pak Jokowi itu jadi oleh siapa, mereka dan lain sebagainya lupa," tegas Megawati.

Presiden Kelima RI itu sengaja tak membeber surat penugasan untuk Jokowi. Sebab, Megawati hanya akan membeberkannya jika dia sudah dirundung melewati batas.

"Supaya suatu waktu yang namanya pem-bully-an kepada saya itu sudah kelewatan, baru akan saya katakan, ini adalah konstitusi partai, sampai tingkat presiden yang datang dari kita, itu adalah petugas partai," ujarnya.

Lebih lanjut Megawati mengatakan, dirinya sebagai ketua umum PDIP memiliki kewenangan untuk menugaskan kader-kader partainya. Dia juga selalu mengeluarkan surat saat menugaskan kader PDIP untuk menempati jabatan tertentu.

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri kembali menegaskan, Joko Widodo merupakan petugas partainya. Jokowi selaku kader PDIP sedang ditugaskan di eksekutif.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News