Buka Rakerda I DPD PDIP Papua, Hasto Gelorakan Optimisme Membangun Indonesia

Buka Rakerda I DPD PDIP Papua, Hasto Gelorakan Optimisme Membangun Indonesia
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto (dua dari kiri) saat Rakerda I DPD Papua di Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Jumat (13/2). Foto: M Kusdharmadi/JPNN

jpnn.com, JAYAPURA - PDI Perjuangan terus menggelorakan semangat optimisme dalam membangun Indonesia, termasuk di Papua. Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan pihaknya sangat optimistis melihat masa depan Papua.

Menurutnya, kekayaan sumber daya alam maupun kebudayaan yang dikaruniakan kepada Papua harus diimbangi dengan pembangunan kemanusiaan.

“Papua adalah saudara sebangsa kita, saudara senasib sepenanggungan. PDIP melihat dengan optimistis masa depan Papua,” kata Hasto itu saat membuka Rakerda I DPD PDIP Papua, di Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Jumat (13/3).

Menurut Hasto, syarat untuk memajukan masa depan provinsi paling timur Indonesia itu adalah dengan mengedepankan pembangunan berkemanusiaan. Terutama dalam sektor pendidikan, kesehatan seluruh masyarakat.

"Pendidikan harus menjadi skala prioritas di Papua. Memajukan kesejahteraan umum harus dilakukan dengan mencerdaskan kehidupan bangsa. Hal itu dilakukan menaruh perhatian yang begitu besar pada pendidikan, kesehatan masyarakat, pemberian makanan bergizi bagi Ibu-ibu hamil, dan berbagai upaya lainnya,” ujarnya.

Hasto menegaskan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri telah memberikan perhatian khusus bagi masa depan Papua yang damai, tenteram, lewat berbagai bentuk pemberdayaan masyarakat melalui pendekatan sosiologis dan kebudayaan.

Menurut Hasto, Megawati sangat menaruh perhatian besar terhadap kebudayaan Papua. Karena itu, kata dia, kebudayaan ini harus menjadi kebanggaan, identitas, dan tidak boleh diganti dengan berbagai budaya asing.

"Setiap kader PDIP harus memperlakukan setiap warga bangsa sederajat, tidak ada diskriminasi dengan alasan apa pun karena sila Persatuan Indonesia yang intinya adalah kebangsaan menegaskan setiap warga negara adalah sama," ujar Hasto mengutip pesan Mega.

Hasto mengajak kader PDIP untuk bergotong royong membangun optimisme terhadap masa depan Papua. Menurut dia, pembangunan yang dilakukan harus mengedepankan dialog.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News