Bulog Jaga Harga Beras Jelang Ramadhan

Stok Beras Aman Hingga Awal Tahun, Raskin Dirapel Dua Bulan

Bulog Jaga Harga Beras Jelang Ramadhan
Bulog Jaga Harga Beras Jelang Ramadhan
JAKARTA — Pemerintah melalui Bulog menjamin stok beras nasional dalam kondisi aman hingga awal tahun 2011. Sementara untuk mengantisipasi lonjakan harga barang menjelang bulan Ramadhan, beberapa langkah pun telah disiapkan Bulog.

Hal itu disampaikan Direktur Pelayanan Publik Bulog, Sutono, melalui siaran pers ke JPNN, Kamis (22/7) di Jakarta. Menurut Sutono, stok beras yang dikelola Perum Bulog per tanggal 19 Juli 2010 sebanyak 1.741.499 ton. Jumlah ini cukup untuk memenuhi kebutuhan beras selama 6,65 bulan atau sampai dengan awal tahun 2011. Jumlah stok beras tersebut, katanya, berasal dari pengadaan dalam negeri yang diperkirakan jumlahnya akan terus meningkat.

Selain menjamin pasokan beras, Bulog juga akan mengadakan Operasi Pasar (OP) dalam rangka stabilisasi harga terutama menjelang bulan puasa. OP dilaksanakan berdasarkan surat Menteri Perdagangan nomor 975/M-DAG/SD/7/2010 tanggal 15 Juli 2010. Gelar OP diprioritaskan untuk daerah-daerah yang harga berasnya mulai merangkak naik di luar pulau Jawa seperti Papua, NTT dan Maluku.

"OP dilakukan tidak menunggu harga naik sampai 10 persen. Kalau harga sudah cenderung naik, Bulog bisa langsung lakukan OP. Kita lakukan tidak melalui grosir melainkan langsung ke pusat-pusat konsumen seperti pasar tradisional," jelas Sutono.

JAKARTA — Pemerintah melalui Bulog menjamin stok beras nasional dalam kondisi aman hingga awal tahun 2011. Sementara untuk mengantisipasi lonjakan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News