Bulog Pastikan Stok Beras Akhir Tahun Aman

Bulog Pastikan Stok Beras Akhir Tahun Aman
Ilustrasi beras.jpg. FOTO: Thomas Kukuh/JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Hari besar Natal dan tahun baru tinggal menghitung hari. Direktur Utama Perum Bulog Soetarto Alimoeso mengatakan stok beras cukup untuk memenuhi peningkatan kebutuhan menyambut akhir tahun dan harganya pun relatif stabil dibandingkan periode yang sama tahun lalu. 

"Stok beras cukup sehingga kita tidak perlu impor, jadi posisi sekarang begitu dan harga juga terjaga," ujarnya saat ditemui seusai rapat koordinasi di Jakarta, Rabu.

Peningkatakan permintaan akhir tahun serta masalah cuaca yang bisa mengganggu proses distribusi memang menjadi perhatian khusus perusahaan pelat merah ini. Soetarto pun meyakinkan bahwa pihaknya telah menyiapkan berbagai upaya antisipasi.

Ia menjelaskan, stok beras yang tersedia dalam gudang Bulog saat ini mencapai 2,1 juta ton dan angka tersebut mencukupi untuk mendukung produksi beras tahun ini, yang tercatat surplus sebesar 5,4 juta ton.

"Pengadaan kita sekitar 10 persen dari kebutuhan selama setahun. Jadi, setiap saat Bulog tidak boleh stok berasnya kurang dari 2 juta ton, sepanjang tahun itu diusahakan pada posisi dua juta ton," katanya.

Soetarto mengatakan, untuk tahun depan Bulog akan terus melakukan fungsinya dalam menjaga sistem logistik beras, termasuk menyediakan stok dan melakukan impor, apabila dibutuhkan serta tergantung dari permintaan pasar.

"Demand`-nya kita sudah tahu sekian jumlah penduduk. Namun, `supply` sering terganggu karena cuaca, banjir, dan ada hama, itu yang harus diantisipasi. Kalau semua ada, kemudian pengadaan dalam negeri lancar, harga terjaga artinya tidak bergejolak, kita tidak perlu impor," katanya.

Menurut dia, impor beras merupakan salah satu cara tercepat untuk menjaga stok, karena yang terpenting adalah mengupayakan agar harga beras tetap stabil dan laju inflasi terjaga, namun hal tersebut tergantung dari penugasan pemerintah.

JAKARTA - Hari besar Natal dan tahun baru tinggal menghitung hari. Direktur Utama Perum Bulog Soetarto Alimoeso mengatakan stok beras cukup untuk

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News