Bulog Siapkan 500 Ribu Ton Beras

Antisipasi Gagal Panen

Bulog Siapkan 500 Ribu Ton Beras
Bulog Siapkan 500 Ribu Ton Beras
JAKARTA -- Musim hujan tahun ini datang lebih awal. Mengantisipasi gagal panen akibat cuaca buruk, Pemerintah melalui Bulog pun telah menyiapkan pasokan beras sekitar 500 ribu ton. Sedangkan hingga Februari 2011, Bulog sudah menyiapkan pasokan beras nasional sekitar 1,8 juta ton.

‘’500 ribu ton ini untuk cadangan beras, jika terjadi bencana alam. Jadi kalau ada gejolak harga dimasyarakat, masih bisa kita antisipasi,’’ kata Direktur Utama Perum Bulog, Soetarto Ali Muso kepada wartawan di Kantor Menko Perekonomian, Jakarta, Rabu (21/7).

Dikatakannya, bahwa pasokan beras tersebut akan digunakan untuk beberapa titik rawan bencana di daerah-daerah. Seperti di daerah Jabodetabek dan beberapa daerah di luar pulau Jawa. Sekitar 50 ton beras untuk wilayah DKI telah disalurkan Bulog untuk dilakukan operasi pasar murah (OPM). ’’Ada sekitar 8 titik dilokasi pasar DKI,’’ katanya.

Untuk lokasi di luar pulau Jawa akan dilakukan di Papua dan Maluku. Sedangkan OPM di daerah lainnya, Bulog akan berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah. Pada dasarnya, Bulog kata Soetarto, akan siap melakukan OPM dimana saja asalkan ada permintaan.

JAKARTA -- Musim hujan tahun ini datang lebih awal. Mengantisipasi gagal panen akibat cuaca buruk, Pemerintah melalui Bulog pun telah menyiapkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News