Bumil Terlalu Banyak Minum Susu, Bayi Berisiko Kekurangan Zat Besi?

Bumil Terlalu Banyak Minum Susu, Bayi Berisiko Kekurangan Zat Besi?
Ilustrasi ibu hamil. Foto: Pixabay

jpnn.com - Ibu hamil tentu perlu memperhatikan segala sesuatu yang dikonsumsinya.

Hal ini karena nutrisi penting untuk mendukung pertumbuhan janin, serta persiapan organ sang ibu saat mengandung, melahirkan, dan menyusui.

Oleh karena itu, banyak bumil berupaya memastikan kebutuhan nutrisinya terpenuhi dengan minum susu.

Namun, sebuah peneliti di Selandia Baru yang dipublikasikan dalam edisi Medical Journal menyatakan, jika bumil minum susu secara berlebihan membuat bayinya berisiko mengalami kekurangan zat besi selama fase penting perkembangan.

Pasalnya, susu umumnya hanya mengandung sedikit zat besi. Jadi, hanya mengandalkan susu tidak akan memenuhi kebutuhan zat besi bumil.

"Susu merupakan sumber kalsium yang penting, tapi sumber zat besi yang buruk. Susu juga cukup mengenyangkan sehingga dapat mengurangi nafsu makan untuk makanan lain yang merupakan sumber zat besi yang lebih baik," kata dokter anak Cameron Grant.

Adapun zat besi sangat penting untuk perkembangan otak yang sehat.

Kekurangan zat besi pada bayi, terutama ketika otak sedang berkembang pesat dapat mempengaruhi fungsi, perilaku, dan kemampuan belajarnya.

Ibu hamil perlu memerhatikan segala sesuatu yang dikonsumsinya. Asupan nutrisi sangat dibutuhkan selama masa kehamilan. Hal ini karena nutrisi penting untuk mendukung pertumbuhan janin.

Sumber Herstory

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News