BUMN Legal Summit 2022, Menteri Erick dan Mahfud MD Sampaikan Hal Ini

BUMN Legal Summit 2022, Menteri Erick dan Mahfud MD Sampaikan Hal Ini
Menteri BUMN Erick Thohir saat memberikan sambutan dalam BUMN Legal Summit 2022. Foto tangkapan layar

jpnn.com, BALI - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bekerja sama dengan Forum Hukum BUMN menggelar BUMN Legal Summit 2022, yang digelar pada 22-23 September 2022 di Bali.

Mengusung tema “Building Stronger Foundation for Growth”, forum tahunan yang pertama ini diharapkan bisa menjadi momentum untuk membangun fondasi fungsi hukum BUMN yang semakin kuat dalam mendukung pertumbuhan dan transformasi BUMN.

Dalam video sambutannya, Menteri BUMN Erick Thohir menjelaskan BUMN Legal Summit 2022 merupakan bagian dari upaya Kementerian untuk secara terus melakukan transformasi di tubuh BUMN, serta upaya nyata meningkatkan kapabilitas dan wawasan insan hukum BUMN sebagai bagian dari pengembangan talenta.

“Transformasi BUMN tidak bisa lepas dari transformasi fungsi hukum BUMN sebagai garda terdepan yang bertugas memberikan pengawalan, masukan, dan pertimbangan hukum khususnya terhadap manajemen dalam mengambil setiap keputusan untuk perusahaan. Setiap keputusan yang diambil oleh manajemen BUMN selaras dengan ketentuan peraturan perundang-undangan dan prinsip Good Corporate Governance (GCG),” ujar Erick.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD dalam video sambutannya menjelaskan, hingga saat ini BUMN terus bertransformasi agar lebih efisien, sehingga BUMN bisa memberikan kontribusi kepada negara.

Untuk itulah, langkah-langkah hukum untuk menindak penyelewengan dan segala macam pelanggaran yang terjadi di tubuh BUMN sangat diperlukan untuk mencegah terganggunya flow sumbangsih dari BUMN untuk perekonomian dan kondisi keuangan negara.

“Untuk melakukan pembangunan hukum nasional harus memiliki tiga pilar yaitu legal substain, legal structure, dan legal culture. Oleh sebab itu, para pelaku bisnis terutama BUMN tidak perlu takut dalam bermanuver untuk melakukan transformasi perusahaan selama memiliki itikad baik dan terus memperhatikan keberadaan hukum di Indonesia,” imbuhnya.

Dalam BUMN Legal Summit 2022 juga dilakukan perkenalan Dewan Pengurus Forum Hukum BUMN untuk periode 2022-2023, yang akan dipimpin oleh Direktur Keuangan & Umum Indonesia Financial Group (IFG) Rizal Ariansyah, sebagai Ketua Forum Hukum BUMN menggantikan Kepala Divisi Legal WIKA Puji Haryadi.

Menteri Erick Thohir dan Mahfud MD memberikan sambutan dalam BUMN Legal Summit 2022.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News